Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lagi, Kapal Wisata Buang Jangkar di Kawasan Terumbu Karang di Raja Ampat

Kompas.com - 11/11/2018, 08:53 WIB
Caroline Damanik

Editor

Sumber Antara

WAISAI, KOMPAS.com - Kapal wisata KM A dilaporkan membuang jangkar di kawasan dangkal terumbu karang yang merupakan salah satu tempat menyelam wisatawan yang mengunjungi Kampung Arborek, Raja Ampat, Papua Barat.

Kapal wisata tersebut membuat kesal warga Kampung Arborek karena membuang jangkar di kawasan yang tidak seharusnya pada Selasa (6/11/2018) sehingga warga melaporkannya ke Dinas Perhubungan.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Raja Ampat Yohanes B Rahawarin membenarkan bahwa pihaknya telah mendapat laporan dari masyarakat Kampung Arborek disertai dengan dokumen foto kejadian tersebut.

Baca juga: Cerita Pilu Sahluki Lihat Putrinya Tersambar Kereta Saat Tonton Surabaya Membara

Dia mengatakan, pihaknya juga telah mendatangi masyarakat kampung Arborek dan berdiskusi tentang kejadian tersebut dan membahas regulasi yang akan dibuat agar tidak ada kapal membuang jangkar sembarangan di terumbu karang Kampung Arborek.

Selain itu, kata dia, pihaknya juga berdiskusi dengan masyarakat Kampung Arborek menentukan kawasan yang kapal wisata bisa parkir dan buang jangka agar tidak merusak terumbu karang.

Baca juga: Jokowi-Maruf Targetkan Kemenangan 60 Persen di Jawa Barat

Menurut dia, menindaklanjuti laporan masyarakat Kampung Arborek Dinas Perhubungan Kabupaten Raja Ampat akan memanggil pihak kapal wisata untuk diberikan sanksi.

Berdasarkan informasi yang dihimpun di lapangan, Kapal wisata KM A sebelumnya tercatat telah melakukan pelanggaran kandas dan merusak karang di Pulau Gan Raja Ampat. Nakhoda kapal tersebut sempat pula menjalani proses hukum.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com