Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjir Rendam 2 Kecamatan di Aceh Singkil

Kompas.com - 10/11/2018, 21:16 WIB
Masriadi ,
Khairina

Tim Redaksi


ACEH SINGKIL, KOMPAS.com- Banjir kembali merendam dua kecamatan di Kabupaten Aceh Singkil yaitu Kecamatan Singkil dan Kecamatan Singkil Utara, Sabtu (10/11/2018).

Data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Singkil tercatat dua desa terendam di Kecamatan Singkil Utara yaitu Desa Ketapang Indah dan Kampung Baru. Sedangkan di Kecamatan Singkil tercatat 16 desa terendam banjir.

Petugas Pusat Data BPBD Aceh Singkil Rosiana Kusuma Wardani, yang dihubungi per telepon menyebutkan, ribuan orang terkena banjir.

Ketinggian air bervariasi mulai satu hingga satu setengah meter. Namun, kata Rosi, belum ada pengungsian hingga Sabtu siang.

“Beberapa fasilitas umum juga sudah terendam, misalnya kantor Camat Singkil Utara dan Puskesmas Singkil. Kedua fasilitas umum itu terendam banjir,” sebut Rosi.

Baca juga: Jalan Boulevard Kelapa Gading hingga Yos Sudarso Jadi Langganan Banjir

Untuk jalan lintas nasional penghubung Aceh Singkil dan Kota Subulussalam, juga terendam di kawasan Simpang Kanan dan kawasan Gunung Meriah.

“Data yang masuk lainnya sawah sekitar 75 hektar dan kebun sawit sekitar 30 hektar terendam banjir. Pohon sawit yang terendam milik warga membuat buahnya busuk jika banjir tak segera surut,” sebut Rosi.

Saat ini, katanya, tim gabungan BPBD, SAR, TNI/Polri berada di lokasi banjir untuk memastikan penanganan banjir.

“Boat juga disiagakan. Begitu ada pengungsian segera kami evakuasi,” sebutnya.

Dia mengimbau bagi pengendara lintas Kota Subulussalam dan Kabupaten Aceh Singkil berhati-hati mengingat jalan mulai terendam setinggi 30 sentimeter. Jika tak memungkin melintas, sambung Rosi, lebih menunda perjalanan.

“Agar tidak terjadi hal-hal yang tak diinginkan,” pungkasnya.

Kompas TV Cuaca ekstrem sejak awal bulan November ini menaungi provinsi Sumatera Barat.<br /> Hujan deras membuat delapan kabupaten kota dilanda banjir dan bencana tanah longsor. Bahkan empat daerah telah ditetapkan status tanggap darurat.<br /> <br /> Beberapa daerah terdampak diantaranya kota Padang kabupaten Limapuluh Kota, kabupaten Pasaman dan kabupaten Pasaman Barat.<br /> <br /> Di Pasaman Barat, selain merendam ratusan rumah banjir juga menelan satu korban jiwa.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com