Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

48 Rumah Rusak Akibat Pergerakan Tanah, PVMBG Kirimkan Tim ke Lokasi

Kompas.com - 10/11/2018, 05:10 WIB
Agie Permadi,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Pergerakan tanah terjadi di lahan pertanian dan pemukiman warga di Kampung Cihantap, RT01,02,03 RW07 Desa Puncaksari Kecamatan Sindangkerta Kabupaten Bandung Barat.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD KBB Dicky Maulana melalui pesan singkatnya, Jumat (9/11/2018).

"Iya pergerakan tanah," katanya.

Sejumlah dinding, dan lantai rumah mengalami retak-retak.

Tim BPBD dan aparatur kewilayahan kemudian mendatangi lokasi untuk melakukan assesment atau mengkaji lokasi dampak bencana.

"Hasil pendataan sementara, ada 48 rumah atau 123 KK yang mengalami retak-retak pada bagian dinding dan lantai rumah warga," katanya.

Menurutnya, pergeseran tanah ini membutuhkan kajian dari badan Geologi. "Kirim surat ke Geologi untuk dilakukan kajian teknis," tuturnya.

Kasubid Gerakan Tanah Barat Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Sumaryono mengatakan pihaknya telah mengirimkan tim ke lokasi terdampak pergeseran tanah. "Tim kami rencana berangkat hari ini atau besok, 3-4 orang," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com