Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BPBD Tetapkan Lima Kabupaten di Riau Berstatus Siaga Darurat Banjir

Kompas.com - 10/11/2018, 01:12 WIB
Citra Indriani,
Khairina

Tim Redaksi

PEKANBARU, KOMPAS.com - Lebih kurang satu bulan musim penghujan melanda wilayah Provinsi Riau. Kondisi ini mengakibatkan sejumlah daerah terendam banjir.

Untuk itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau menetapkan status darurat banjir bagi 5 kabupaten di Provinsi Riau.

"Status siaga darurat banjir dan longsor di Riau kami tetapkan untuk Kabupaten Pelalawan, Kabupaten Rokan Hulu, Kabupaten Rokan Hilir, Kabupaten Indragiri Hulu dan Kabupaten Kuantan Singingi ," kata Kepala BPBD Riau Edwar Sanger saat dihubungi Kompas.com, Jumat (9/11/2018).

Dari laporan data sementara, untuk Kabupaten Pelalawan status siaga darurat banjir terhitung dari 17 Oktober hingga 30 Desember 2018.

Kemudian status tanggap darurat banjir di Kabupaten Rokan Hulu terhitung sejak 12-27 Oktober 2018.

Baca juga: Banjir Bandang Terjang Dompu, Ratusan Rumah Terendam Banjir

"Untuk Rokan Hilir, status darurat dari 19 Oktober hingga 02 November, dan status tanggap darurat dari 24 Oktober hingga 7 November. Sedangkan untuk Indragiri Hulu status tanggap darurat ditetapkan sejak 5-25 November 2018," jelas Edwar.

Sedangkan, Kabupaten Kuantan Singingi ditetapkan status tanggap darurat banjir sejak 3-16 November 2018. Penetapan status kami lakukan berdasarkan laporan yang telah diterima dari masing masing kabupaten tersebut, ucap Edwar.

Kompas TV Jembatan sepanjang 100 meter ambruk akibat diterjang banjir bandang membuat aktivitas warga dari Tasikmalaya dan Garut lumpuh total. Untuk sementara, kendaraan yang akan melintas menuju Tasikmalaya Garut dan Pangandaran dialihkan menuju jalur utama Tasikmalaya dengan jarak tempuh yang lebih jauh. Meski demikian upaya perbaikan jembatan mulai tampak dengan dipersiapkannya sejumlah peralatan dan besi untuk jembatan darurat termasuk sejumlah pekerja.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com