Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sekolah Roboh di Tanah Perhutani Itu Dibangun dengan Gotong Royong

Kompas.com - 09/11/2018, 11:25 WIB
Farida Farhan,
Farid Assifa

Tim Redaksi

KARAWANG, KOMPAS.com - Anak didik SDN Kutanegara II kelas jauh kini bisa belajar di ruang kelas darurat yang terbuat dari terpal. Pasalnya, sekolah mereka roboh pada 2 November 2018 lalu akibat dihempas angin kencang.

SDN Kutanegara II kelas jauh terletak di Dusun Didampa, Desa Kutanegara, Kecamatan Ciampel, Kabupaten Karawang, atau sekitar 10 kilometer dari Kawasan Industri Surya Cipta.

Jarak menuju sekolah induk berupa tanah merah, yang jika hujan berubah menjadi lumpur. Sekolah dengan 84 siswa ini berdiri di atas lahan milik Perhutani.

"Mereka belajar di tenda terpal," ujar pegiat literasi Karawang Yudha Febrian, Jumat (9/11/2018).

Robohnya sekolah itu kemudian memunculkan keprihatinan sejumlah pihak. Sementara itu, Pemerintah Kabupaten Karawang tak bisa berbuat banyak lantaran pembangunan terganjal status tanah.

Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana menyebutkan, SDN Kutanegara II kelas jauh merupakan salah satu contoh dari sejumlah sekolah di Karawang yang kepemilikan lahannya tidak jelas. Akibatnya, pemkab kesulitan untuk memperbaikinya.

"Kalau kita gunakan APBD tidak boleh karena lahan itu bukan milik kita, kalau dipaksakan malah jadi temuan BPKP," ujar Cellica.

Baca juga: 25 Siswa SD Keracunan Minuman Gratis dari Orang Tak Dikenal

Pemkab Karawang, kata Cellica, kemudian berupaya mencari solusi lain, yakni menggunakan dana corporate social responsibility (CSR). Akan tetapi, kata Cellica, SDN Kutanegara II kelas jauh keburu roboh.

"Solusinya sudah kita rencanakan yaitu melalui dana CSR, tapi sekolah itu sudah keburu roboh. Untuk mengatasi itu yang kita patungan saja dari donatur yang peduli," kata Cellica.

Salah seorang penggiat literasi di Karawang Yudha Febrian meminta Pemerintah Kabupaten Karawang segera membuat memorandum of understanding (MoU) dengan Perhutani terkait penggunaan lahan untuk sekolah. Hal tersebut bisa diupayakan dengan peraturan melalui Kementerian Kehutanan.

"Karena hal itu sebagai upaya mencerdaskan kehidupan bangsa," ujar Yudha.

Menurut Yudha, meski sekolah tidak menghasilkan keuntungan nominal bagi Perhutani, namun menyuguhkan nilai benefit sosial.

"Ini demi pendidikan anak-anak di sana," katanya.

Galang bantuan

Prihatin akan robohnya sekolah itu, sejumlah komunitas kemudian mendadak "ngamen" di Taman I Love Karawang, Senin (5/11/2018) sore.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com