Petugas BKSDA Aceh Giring Gajah yang Masuk ke Permukiman Warga Kembali ke Hutan

Kompas.com - 08/11/2018, 14:15 WIB
Foto dokumentasi Tgk Samsuar warga Geumpang, tiga ekor gajah liar turun ke pemukiman warga Desa Leupu, Kecamatan Geumpang, Kabupaten Pidie, Senin  (04/11/2018) KOMPAS.COM/RAJA UMARFoto dokumentasi Tgk Samsuar warga Geumpang, tiga ekor gajah liar turun ke pemukiman warga Desa Leupu, Kecamatan Geumpang, Kabupaten Pidie, Senin (04/11/2018)

BANDA ACEH, KOMPAS.com - Petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam ( BKSDA) Aceh bersama warga berhasil menggiring kawanan gajah liar yang sempat merusak dan bertahan beberapa hari di lahan pertanian warga Desa Leupu, Kecamatan Geumpang, kabupaten Pidie.

“Alhamdulillah, sejak kamarin sore tiga ekor gajah yang turun ke kampung sudah berhasil digiring ke hutan, dan sekarang kami masih sedang di hutan mengikuti jejak gajah, untuk memastikan tidak kembali turun," kata Kepala Desa Leupu Muhammad Isa (38), saat dihubungi Kompas.com, Kamis (8/11/2018).

Isa mengatakan, petugas BKSDA bersama warga menggiring tiga ekor gajah liar itu sejak Selasa (6/11/2018), dengan cara manual dan menggunakan mercon. 

Baca juga: Kawanan Gajah Liar Turun di 5 Lokasi Pemukiman di Aceh Secara Bersamaan

Hingga hari ini, posisi gajah telah berada di hutan sekitar 2 kilometer dari permukiman penduduk.

"Posisi gajah hari ini sudah di gunung, jaraknya sekitar 2 kilometer dari permukiman penduduk, mudah-mudahan tidak balik lagi," ujar dia.

Aktivitas warga Desa Leupu yang sebelumnya sempat terganggu dan trauma dari amukan gajah, kini mulai berangsur normal. Anak-anak sudah mulai kembali ke sekolah.

“Kondisi masyarakat sejak tadi malam mulai aman, anak-anak sudah kembali sekolah sejak tadi pagi, kalau aktivitas mengaji anak-anak pada malam hari masih tetap kita liburkan sementara, tapi siang tidak apa-apa,” ujar dia.

Baca juga: Gajah Bertahan di Permukiman, Anak-anak Diliburkan Sekolah dan Mengaji

Sementara itu, Kepala BKSDA Aceh Sapto Aji mengatakan, gajah yang turun secara bersamaan di enam titik di Kabupaten Aceh sebagian besar sudah berhasil dihalau bersama warga.

Gajah-gajah tersebut dihalau agar kembali ke hutan.

“Untuk lokasi Aceh Besar, Aceh Jaya, Benermeriah, sudah berhasil dihalau. Sekarang yang sedang dilakukan penggiringan kawanan gajah di Geunie, Kecamatan Tangse, dan SP enam, Aceh Timur. Petugas masih dilokasi tetap melakukan pemantauan untuk memastikan agar tidak kembali turun,” ujar dia.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X