Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Petugas Bandara Pemandu Lion Air yang Tabrak Tiang Diperiksa

Kompas.com - 08/11/2018, 07:11 WIB
Firmansyah,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

BENGKULU, KOMPAS.com — Corporate Communications Strategic Lion Air Danang Mandala Prihantoro menjelaskan, Lion Air JT 633 yang sayapnya menabrak tiang titik koordinat pada Rabu (7/11/2018) di Bandara Fatmawati Bengkulu dipandu oleh petugas bandara.

Danang menjelaskan, Pesawat Boeing 737-900ER registrasi PK-LGY yang sedianya lepas landas pukul 18.20 dari Bengkulu dibatalkan keberangkatannya.

"Ketika pesawat bergerak menuju landas pacu (runway), ternyata ujung sayap menyenggol tiang lampu koordinat landas parkir (apron) bandar udara sehingga mengalami kerusakan," ujar Danang.

Pesawat digerakkan oleh pilot dengan panduan dan petunjuk serta tanda yang diberikan oleh petugas aircraft movement control (AMC).

Baca juga: Pesawat Tabrak Tiang Lampu Koordinat, Ini Penjelasan Lion Air

"Petugas AMC tersebut merupakan personel dari pengelola bandar udara dan sedang diperiksa oleh pihak terkait," ujar Danang.

Sebagai informasi, penerbangan JT-633 yang mengangkut 7 kru pesawat dan 143 penumpang telah diberangkatkan dengan menggunakan pesawat registrasi PK-LHM serta kru yang berbeda.

Pesawat mengudara pukul 22.48 WIB dari Bengkulu dan sudah mendarat di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, pukul 23.50 WIB, Rabu (07/ 11/2018).

Kepala Bandara Fatmawati Bengkulu Anies Wardhan menyebut, pada Kamis (8/11/2018) tim dari kementerian akan melakukan investigasi atas insiden tersebut.

Pesawat Lion Air JT 633 rute Bengkulu-Jakarta gagal terbang akibat ujung sayap sebelah kiri menabrak tiang. Sayap pesawat mengalami robek atas insiden tersebut.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com