Polemik Sekda Kota Bandung, Sekda Jabar Minta Oded Segera Lantik Benny Bachtiar

Kompas.com - 07/11/2018, 12:17 WIB
Sekda Jabar Iwa Karniwa saat ditemui di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Rabu (7/11/2018). KOMPAS.com/DENDI RAMDHANISekda Jabar Iwa Karniwa saat ditemui di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Rabu (7/11/2018).

BANDUNG, KOMPAS.com - Sekretaris Daerah Jawa Barat Iwa Karniwa meminta Wali Kota Bandung Oded M Danial untuk segera melantik Benny Bachtiar sebagai Sekda Kota Bandung.

Iwa mengatakan, perintah tersebut sesuai dengan amanat dari Kementerian Dalam Negeri.

Iwa pun telah menerima surat balasan dari Kemendagri dan Komite Aparatur Sipil Negara (KASN) sebagai jawaban atas surat yang dilayangkan Oded terkait ajuan penggantian Sekda Kota Bandung pada 29 Oktober 2018 lalu.

Dalam surat balasan tersebut, kata Iwa, Kemendagri dan KASN tetap memerintahkan Oded untuk melantik Benny Bachtiar sebagai Sekda Kota Bandung.

"Gubernur beri arahan dan saya sudah menandatangani atas surat kuasa bapak gubernur untuk meminta kepada Wali Kota Bandung melaksanakan sesuai rekomendasi tertulis dari Kemendagri maupun dari KASN itulah yang harus dilaksanakan," katanya di Gedung Sate, Bandung, Rabu (7/11/2018).

"Jadi prinsipnya apa yang diputuskan Kemendagri dan Komisi ASN, itu (Benny) harus dilantik," tambah Iwa.

Baca juga: Pelantikan Benny Bachtiar Jadi Sekda Kota Bandung Dinilai Mendesak

Jika kinerja Benny tak sesuai harapan Wali Kota, sambung Iwa, Oded bisa kembali mengajukan untuk melakukan penggantian sekda.

"Apabila nanti proses setelah dilantik berdasarkan evaluasi dari wali kota ada kinerjanya gak sesuai yang diharapkan, ada proses selanjutnya sesuai peraturan," ucap Iwa.

Iwa pun berharap proses pelantikan Benny bisa dilaksanakan secepatnya agar tak menghambat proses pembahasan anggaran 2019.

"Secepatnya karena ini akan menghambat proses pembanguann berikutnya. Ya, semakin lama dilakukan semakin lama pula, apalagi sekarang ada pembahaaan APBD 2019, dan RPJMD 2018-2023, itu sebagai pondasi di Kota Bandung," jelasnya.

Baca juga: Kemendagri: Lantik Dulu Benny Bachtiar sebagai Sekda Kota Bandung, Ganti kalau Kinerjanya Buruk

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X