Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Magnitudo 5,5 Guncang Mamasa, Lapangan dan Taman Kota Dipenuhi Pengungsi

Kompas.com - 06/11/2018, 10:59 WIB
Junaedi,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

MAMASA, KOMPAS.comGempa magnitudo 5,5 mengguncang Mamasa, Sulawesi Barat, pukul 02.35 WITA. Getaran gempa terasa selain terasa di Mamasa, juga dirasakan warga di Mamuju, Toraja, Polewali, Majene, Toraja Utara hingga Palopo.

Kerasnya getaran gempa, matinya jaringan listrik dan telekomunikasi membuat warga yang panik memilih mengungsi ke berbagai lokasi yang diperkirakan aman di Mamasa.

Pantauan Kompas.com, lapangan bola dan taman-taman kota di Mamasa yang dinilai warga aman dari gempa menjadi tempat pengungsian warga. Mereka mengungsi sejak subuh dengan membawa harta seadanya. 

Para pengungsi datang dengan menumpang truk, mobil bak terbuka dan kendaraan lainnya. Menurut para pengungsi, lapangan bola di Mamasa dinilai aman jika terjadi gempa susulan karena merupakan tempat terbuka. 

Baca juga: Diguncang Gempa Pukul 02.35 Dini Hari, Warga Mamasa Berhamburan Keluar Rumah

Para pengungsi menggunakan terpal dan plastik sebagai alas agar mereka bisa duduk melantai di tanah. Menurut cerita warga, mereka memilih mengungsi daripada terkena bangunan runtuh saat gempa. 

Hingga pukul 10.00 WITA, pengungsi belum mau beranjak dari lapangan bola. Warga mengaku masih takut bila terjadi gempa susulan. Sebab sudah empat hari terakhir Mamasa selalu diguncang gempa yang membuat mereka was-was. 

Nelson Silalahi, salah satu pengungsi, mengatakan guncangan gempa dini hari tadi hingga subuh sangat keras dan membuat dia dan keluarganya sangat panik.

“Kami mengungsi sejak dini hari. Kami memilih lapangan terbuka seperti taman kota dan lapangan sepak bola karena kami anggap aman saat gempa susulan terjadi,” jelasnya.  

Menurut Nelson, dia meninggalkan harta bendanya saat mengungsi. Kini ia hanya bisa berharap agar selama mengungsi tidak ada oknum penjahat yang kemudian melakukan penjarahan rumahnya. 

Baca juga: Gempa Magnitudo 5,5 di Mamasa, Getarannya Terasa Sampai Palopo

Aktivitas warga

Meski tak ada korban jiwa pada gempa dini hari tersebut, namun sejumlah bagunan tembok dan fasilitas publik seperti sekolah dan gedung lainnya dilaporkan mengalami kerusakan dan retak akibat guncangan gempa keras.

Akibat gempa, sejumlah kantor meliburkan aktivitas pegawainya. Lagipula, warga Mamasa saat ini kebanyakan mengungsi di lapangan dan taman kota. 

Aktivitas dan kegiatan belajar mengajar juga diliburkan lantaran sebagian siswa trauma ke sekolah. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com