Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Video Lengkap Pidato Prabowo soal "Tampang Boyolali"

Kompas.com - 03/11/2018, 20:00 WIB
Labib Zamani,
Caroline Damanik

Tim Redaksi

BOYOLALI, KOMPAS.com - Pidato calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto viral karena pernyataan "tampang Boyolali". Pidatonya itu Prabowo sampaikan dalam acara peresmian Kantor Badan Pemenangan Prabowo-Sandi di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Selasa (30/10/2018) kemarin.

Pidato Prabowo itu viral setelah diunggah pertama kali oleh pemilik akun Youtube Taufik Irvani pada 1 November 2018. Potongan video itu pun dipermasalahkan oleh Dakun, pria kelahiran Boyolali, Jawa Tengah yang tinggal di Jakarta sejak 1992, Jumat (2/11/2018).

Potongan kalimat dalam pidato Prabowo yang dipermasalahkan Dakun, yaitu "..dan saya yakin kalian nggak pernah masuk hotel-hotel tersebut, betul? (Betul, sahut hadirin yang ada di acara tersebut). Mungkin kalian diusir, tampang kalian tidak tampang orang Kaya, tampang kalian ya tampang orang Boyolali ini."

Baca juga: Prabowo: Mungkin Ini yang Terakhir untuk Indonesia...

Ketika dikonfirmasi Kompas.com, Sabtu (3/11/2018) terkait video itu, Sekretaris DPC Gerindra Boyolali, Rohmat mengatakan, video itu telah dipotong dari aslinya.

Namun dia membenarkan ada perkataan Prabowo soal "tampang Boyolali" dan konteks pernyataannya.

Rohmat lalu memberikan informasi video lengkap pidato Prabowo yang ditayangkan secara langsung melalui akun Facebook Relawan Milenial Prabowo Sandi pada hari itu juga, dengan durasi sekitar 1 jam 20 menit 45 detik.

Video tersebut menayangkan mulai Prabowo tiba di lokasi acara peresmian hingga selesai berpidato. Prabowo cukup lama berpidato dalam tayangan video tersebut. Bahkan, para hadirin yang hadir dalam acara itu sangat antusias mendengarkan pidato Prabowo.

 

Berikut penggalan isi pidato Prabowo dalam video yang diunggah oleh Relawan Milenial Prabowo Sandi pada acara peresmian Kantor Badan Pemenangan Prabowo-Sandi yang diunggah di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah:

"Salam sejahtera bagi kita sekalian. Marilah kita tidak henti-hentinya memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT Tuhan Maha Besar, kita masih diberi kesehatan, diberi nafas, untuk bertatap muka pada siang yang baik ini di depan posko pemenangan koalisi adil makmur dalam rangka pemilihan umum tahun 2019 yang akan datang. Dimana saya Prabowo Subianto dan saudara Sandiaga Solahudin Uno mendapat kehormatan dan kepercayaan dari masyarakat Indonesia yang diwakili oleh empat partai politik besar.

Partai Amanat Nasional, partai bersejarah yang pernah memimpin reformasi di negara dan bangsa kita tahun 1998. Partai Keadilan Sejahtera, partai yang selalu setia membela kepentingan, kebenaran, kesejahteraan, keadilan dan kepentingan umat Islam di Indonesia.

Partai Demokrat yang telah melahirkan seorang Presiden Republik Indonesia, yang telah memimpin bangsa Indonesia 10 tahun dengan adem ayem, dengan tenang, dengan sejuk, dengan stabilitas dan tentunya Partai Gerakan Indonesia Raya, partai saya sendiri.

Tapi saya merasa bahwa tidak hanya empat partai tersebut, yang mendukung saya dan mengusung saya. Saya dimana-mana didatangi oleh berbagai kalangan ormas-orams, sayap-sayap sebagai contoh para Purnawirawan Pejuang Indonesia Raya.

Singa-singa tua yang turun dari gunung untuk membela negara dan bangsa kita walaupun mereka mungkin giginya sudah ompong. Giginya ompong semangatnya masih menyala, tapi terutama yang saya rasakan adalah dukungan dari emak-emak yang militan. Emak-emak ini militan. Mereka berani.

Saudara-saudara sekalian, kita menamakan diri koalisi adil makmur. Kenapa, karena keadilan dan kemakmuran adalah cita-cita pendiri bangsa republik Indonesia. Keadilan dan kemakmuran adalah tujuan kita merdeka. Keadilan dan kemakmuran adalah tujuan kita mendirikan republik Indonesia saudara-saudara sekalian.

Dan dirasakan sekarang saudara-saudara yang merasakan, sekarang saya bertanya kepada saudara-saudara sekalian apakah saudara-saudara sudah merasa adil, sudah merasa makmur (belum, sahut para hadirin dalam acara tersebut).

Halaman:

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com