Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Fakta di Bangunan Kuno di Lamongan, Erat dengan Raja Airlangga hingga Terkenal Angker

Kompas.com - 02/11/2018, 05:30 WIB
Michael Hangga Wismabrata,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

KOMPAS.com — Para ahli menduga bangunan bersejarah di Desa Pataan, Kecamatan Sambeng, memiliki hubungan dengan Prasasti Patakan. Prasasti tersebut dibuat pada abad ke-11 masehi di zaman Raja Airlangga.

Sebetulnya, bangunan bersejarah di Dusun Montor, Desa Pataan, tersebut sudah pernah dilakukan ekskavasi pada tahun 2013.

Namun, untuk meyakinkan dan melengkapi penggambaran situs tersebut, BPCB Trowulan Jawa Timur melakukan ekskavasi kedua tahun 2018 ini.

Berikut fakta yang terungkap dalam penelusuran bangunan bersejarah di Desa Pataan tersebut.

1. Selang 5 tahun, BPCB Trowulan lakukan ekskavasi kedua di Desa Pataan

Bangunan peninggalan bersejarah di Dusun Montor, Desa Pataan, Kecamatan Sambeng, Lamongan.KOMPAS.com / Hamzah Bangunan peninggalan bersejarah di Dusun Montor, Desa Pataan, Kecamatan Sambeng, Lamongan.

Bangunan bersejarah di Dusun Montor, Desa Pataan, tersebut ditemukan pada tahun 2013. Saat itu, Badan Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Trowulan Jawa Timur segera melakukan ekskavasi dan mengkaji jenis dan nilai sejarahnya.

Tak puas dengan hasil ekskavasi tahun 2013, BPCB Trowulan kembali menggelar ekskavasi tahap kedua pada tahun 2018, tepatnya pada Oktober 2018.

“Kalau yang 2013 itu kan bangunan utama, sekarang kami melanjutkan dengan bangunan lain yang ada di sekelilingnya. Seperti ini, yang sepintas terindikasi sebagai gapura atau bentar, meski ini masih akan kami pastikan lagi,” jelasnya.

Baca Juga: Penemuan Bangunan Purbakala di Lamongan Bikin Bingung Petugas

2. Proses ekskavasi kedua di Desa Pataan 

Para pekerja sedang melakukan proses ekskavasi di situs yang ada di Dusun Montor, Desa Pataan, Kecamatan Sambeng, Lamongan, Selasa (30/10/2018). KOMPAS.com/HAMZAH Para pekerja sedang melakukan proses ekskavasi di situs yang ada di Dusun Montor, Desa Pataan, Kecamatan Sambeng, Lamongan, Selasa (30/10/2018).

Selama 12 hari, mereka melakukan penggalian yang dilakukan di tempat yang mengandung benda purbakala tersebut guna menggambar sekaligus menentukan jenis bangunan peninggalan sejarah apa yang ditemukan di tempat tersebut.

“Sebenarnya, proses ekskavasi tahap kedua ini harusnya selesai pada Minggu (28/10/2018) kemarin. Tapi karena kami merasa ada yang kurang untuk bahan menggambar, akhirnya kami kembali lagi menuntaskannya hari ini,” kata salah seorang petugas teknis dari BPCB Trowulan Jatim, Saiful, kepada Kompas.com, Selasa (30/10/2018).

Seperti diketahui, dalam ekskavasi kedua tersebut, para ahli mengumpulkan serpihan batu bata yang berserakan di sekitar bangunan peninggalan bersejarah tersebut, sekaligus mengklasifikasikannya sesuai dengan ukuran yang ditandai berbeda-beda.

Di luar bangunan utama, para ahli masih akan memetakan lebih lanjut. Sementara di bagian utama bangunan peninggalan bersejarah, diprediksi memiliki ukuran mencapai lebar 16 meter dan panjang 24 meter.

Dengan bangunan yang ditemukan pada proses ekskavasi tahap kedua minggu kemarin, berjarak sekitar 50 hingga 60 meter dari bangunan utama.

Dalam proses ekskavasi tersebut, sebanyak 16 tenaga penggali dari BPCP Trowulan Jatim dengan dibantu sebanyak 11 tenaga penduduk lokal.

Baca Juga: Situs Purbakala di Lereng Merapi Diduga Tempat Pemandian Para Raja

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com