Ini Alasan Gaji Ke-13 ASN Pemkot Surabaya Terlambat Dicairkan

Kompas.com - 01/11/2018, 21:54 WIB
ilustrasi uang dalam amplop.Thinkstock ilustrasi uang dalam amplop.

SURABAYA KOMPAS.com - Setelah sempat tertunda selama empat bulan, Pemerintah Kota Surabaya, Jawa Timur, akhirnya mencairkan gaji ke-13 bagi ASN dan legislator hari ini, Kamis (1/11/2018).

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Pajak Daerah (BPKPD) Kota Surabaya Yusron Sumartono mengatakan, terlambatnya pencairan gaji ke-13 karena pada Juli lalu, pendapatan asli daerah (PAD) Pemkot Surabaya belum terpenuhi.

Di sisi lain, pada Mei lalu Surabaya juga mengalami musibah bom dan baru-baru ini dolar naik.

Hal itu berdampak pada daya beli masyarakat yang cenderung menurun, sehingga PAD juga turun dan tidak terpenuhi.


Oleh sebab itu, kata Yusron, pemkot menunggu sampai pendapatan stabil.

Baca juga: Gaji Ke-13 ASN Pemkot Surabaya Dicairkan Hari Ini

"Jadi, Pemkot Surabaya bukan tidak membayar gaji ke-13, cuma kami menunggu waktu yang tepat dan keuangan stabil untuk dicairkan," ujar Yusron, Kamis (1/11/2018).

Melihat kondisi tersebut, sambung Yusron, pemkot menunggu perubahaan anggaran keuangan (PAK) untuk bisa merealisasikan gaji ke-13 ini.

Bahkan setelah PAK direalisasikan, tidak lantas gaji ke-13 bisa mencairkan. Karena masih ada proses-proses yang harus dilalui sebelumnya.

"Nah, kemarin proses-proses itu sudah selesai, tinggal sekarang proses pencairannya," kata dia.

Baca juga: PNS Surabaya Resah Tunggu Cairnya Gaji Ke-13

Yusron memastikan bahwa proses pencairan gaji ke-13 itu bukan karena ada desakan dari beberapa pihak, melainkan untuk mematuhi peraturan pemerintah yang diharuskan memperhatikan kemampuan keuangan daerah dan itu diperbolehkan dibayar pada bulan-bulan berikutnya.

"Saat ini lah kemampuan keuangan daerah sudah stabil," ujar Yusron.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X