Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Hari Operasi Zebra, Polres Garut Jaring Ribuan Pelanggar yang Kebanyakan Anak-anak

Kompas.com - 01/11/2018, 18:32 WIB
Ari Maulana Karang,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

GARUT, KOMPAS.com - Polres Garut menjaring dan menindak 1.229 pelanggar lalu lintas selama 3 hari pelaksanaan operasi Zebra. Selain itu, Polres Garut juga memberikan teguran kepada 605 pelanggar lalu lintas lainnya. 

Kapolres Garut AKBP Budi Satria Wiguna menyampaikan, 1.229 pelanggar lalu lintas yang ditindak tersebut, didominasi oleh pengguna kendaraan roda dua dengan jenis pelanggaran terbanyak adalah tidak menggunakan helm.

"Ada 152 kendaraan roda dua dan 38 kendaraan roda empat yang kami tahan. Penyebabnya beragam, kebanyakan karena surat-surat tidak lengkap," jelasnya saat melakukan ekspose hasil operasi Zebra pada Kamis (1/11/2018).

Budi menyampaikan, operasi Zebra ini sendiri dilakukan di beberapa titik di kawasan kota Garut, mulai dari daerah perbatasan hingga pinggiran kota. Tidak sedikit kendaraan angkutan umum yang ikut diamankan karena dipandang tidak layak jalan secara kasat mata.

Baca juga: Cerita Pelanggar dalam Operasi Zebra, Alasan Lupa hingga Mengaku Istri Petugas

"Kami lebih mengedepankan faktor keamanan para pengguna kendaraan umum, jadi mobil yang tidak layak jalan juga kami amankan," jelasnya.

Pelanggar banyak anak-anak

Catatan Polres Garut dari operasi Zebra ini, yakni banyaknya pelanggar yang masih anak di bawah umur. Padahal, pihak kepolisian rajin memberikan sosialisasi ke sekolah terkait bahaya anak di bawah umur membawa kendaraan. 

Pihak kepolisian kemudian meminta kesadaran orangtua untuk ikut mengingatkan anak-anaknya yang masih di bawah umur agar tidak membawa kendaraan ke jalan raya. 

"Pelanggaran anak di bawah umur yang menggunakan kendaraan juga masih banyak ya, padahal kami sudah sosialisasi ke sekolah-sekolah," katanya.

Selain ratusan unit kendaraan, menurut Budi pihaknya juga menyita 263 lembar STNK kendaraan dan 776 kartu SIM karena pemiliknya melakukan pelanggaran lalu lintas dalam berbagai bentuk. 

Baca juga: Saya Tahu Ini Lagi Operasi Zebra, Bapak Saya Laporin Loh!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com