Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kurangi Impor, Ridwan Kamil Berencana Beli Produk Pindad hingga LEN

Kompas.com - 31/10/2018, 22:54 WIB
Dendi Ramdhani,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mengaku tertarik untuk membeli sejumlah produk BUMN. Pembelian produk BUMN berteknologi terkini ini diyakininya dapat mengurangi impor pada barang asing. 

Hal itu dikatakan Ridwan Kamil saat hadir dalam acara Excelen: Inovasi Untuk Negeri yang digagas PT LEN Industri, di Jalan Sukarno-Hatta, Rabu (31/10/2018).

Dalam acara itu, pria yang akrab disapa Emil tersebut sempat melihat sejumlah produk berteknologi tinggi dari sejumlah perusahaan pelat merah. Ia pun cukup antusias lantaran banyak produk dalam negeri yang bisa ia terapkan selama memimpin Jabar.

"Iya kan begini jadi kita itu banyak tidak tahu apa produk-produk yang ada di BUMN. Jadi hari ini saya sangat senang ternyata ada produk solar yang sudah siap kita bisa masalkan ke seluruh kota kabupaten dengan produk lokal, dengan kebijakan. Karena ada Perda terkait dengan energi terbarukan," ucap Emil.

Baca juga: Sedih Dengar Berita Tuti Tursilawati, Ridwan Kamil Kaji Larangan Warga Jabar Jadi TKI

"Ada produk Lentera jadi kalau ada kebencanaan listriknya langsung nyala tanpa nunggu PLN dulu, lama kan. Kita butuh buat BPBD," tambahnya.

Sebelumnya, Pemprov Jabar juga telah memesan perahu pengangkut sampah kepada PT Pindad. Rencananya, perahu sampah itu akan diuji coba pekan depan.

"Kemudian dengan Pindad pesanan saya buat mengambil sampah, perahu sampah di Citarum contohnya sudah selesai. Minggu depan kita coba ya," ujarnya.

Mantan Wali Kota Bandung itu menilai, pemerintah daerah perlu proaktif dalam memanfaatkan teknologi buatan dalam negeri. Namun, kata Emil, BUMN juga perlu responsif melakukan pendekatan isu persoalan di daerah.

"Kita lihat nanti daripada harus beli di luar negeri. Jadi produknya banyak yang dibutuhkan dengan dua cara. Mereka punya apa kita pasarkan kita bantu, kebutuhan rakyat Jabar kita tanyakan bisa gak bikin produknya," kata Emil.

Baca juga: Menteri Rini: Pak Ridwan Kamil, Saya Kejar Lho Orderannya...

"Salah satunya saya mau mengkonversi kompor gas ke kompor listrik supaya lebih murah, lebih aman, tidak banyak repot tapi belum ada produknya. Bisa gak PT LEN bikin, saya populerkan ke ibu-ibu, emak-emak se-Indonesia dan Jabar," lanjut Emil.

Menurut Emil, saat ini pemerintah bisa memaksimalkan produk dalam negeri dan mengurangi belanja produk yang muatan dolarnya besar.

"Semakin banyak muatan dolar yang impor-impor ya itu tadi barang mahal kita tergantung. Maka saya komit, tapi kalau saya gak ada info apa yang mau saya beli. Nah hari ini adalah proses terjadinya info tadi. Maka saya bilang, kalau saya gubernur ke luar negeri bekali saya dengan brosur produk BUMN di Jabar nanti saya bantu jadi marketingnya supaya ada hubungan bisnis yang langsung," jelasnya. 

Baca juga: Di Hadapan Menteri Rini, Ridwan Kamil Siap Bantu Jualan Produk BUMN

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com