Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ridwan Kamil: Semoga Evakuasi Korban Lion Air Bisa Jalan Secepat-cepatnya

Kompas.com - 30/10/2018, 23:58 WIB
Dendi Ramdhani,
Caroline Damanik

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyampaikan ungkapan dukacita atas jatuhnya pesawat Lion Air JT 610 di Laut Jawa, Senin (29/10/2018). Dia berharap proses evakuasi berjalan dengan cepat.

Tim SAR Bandung dan Pol Air Jabar terlibat dalam proses pencarian korban dan evakuasi pesawat di perairan Karawang.

"Saya turut berdukacita, sangat prihatin atas kejadian jatuhnya pesawat Lion Air. Secepatnya akan membantu dalam kapasitas sebagai Pemerintah Provinsi Jabar. Mengoordinasikan pihak terkait dan tentunya berharap proses evakuasi dan penyelamatan bisa dilaksanakan dengan secepat-cepatnya," ungkap Ridwan di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Senin siang.

Pria yang akrab disapa Emil itu pun berharap agar maskapai penerbangan di Indonesia dapat menjamin perawatan dan kualitas pesawat untuk menjamin rasa aman dan kesemalatan penumpang.

"Karena bagaimanapun keselamatan dan rasa aman nomor satu. Dan tentunya penyebab dan lain sebagainya ada tim dari Kementerian Perhubungan yang memang bertugas di sana," tutur Emil.

Sebelumnya diberitakan, pesawat Lion Air JT 610 jatuh di Laut Jawa. Jumlah penumpang jatuh setelah lepas landas sebanyak 189 orang.

Kepala Kantor SAR Pangkal Pinang Danang Priandoko mengatakan, jumlah penumpang tersebut berasal dari manifes yang dikirimkan pihak Lion Air ke kantor Basarnas.

"179 penumpang dewasa, 1 penumpang anak, 2 bayi, 2 pilot, dan 5 kru," ujarnya.

Posisi pesawat jatuh 05-48.934 S 107 06.384 E. Proses evakuasi saat ini tengah berlangsung dengan melibatkan potensi SAR gabungan.(K106-15)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com