Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sosialisasikan Pemilu, KPU Jombang Dekati Kelompok Khusus

Kompas.com - 28/10/2018, 12:09 WIB
Moh. SyafiĆ­,
Krisiandi

Tim Redaksi

JOMBANG, KOMPAS.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jombang, Jawa Timur, akan melakukan sosialisasi secara door to door ke sejumlah kelompok khusus.

Langkah itu dilakukan guna meningkatkan partisipasi pemilih pada Pemilu 2019, sekaligus meningkatkan pemahaman pemilih terkait pelaksanaan Pemilu yang berlangsung bersamaan.

Anggota KPU Jombang, Moch. Fatoni mengatakan, pelaksanaan Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg) yang berlangsung secara bersamaan pada 17 April 2019, menuntut kerja keras dari jajaran penyelenggara Pemilu.

Seperti diketahui, pada Pemilu 2019, akan berlangsung Pemilihan Presiden, Pemilihan anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Pemilihan anggota DPR RI, serta Pemilihan anggota DPRD Provinsi dan DPRD Jombang.

Menurut Moch. Fatoni, pendekatan kepada kelompok-kelompok khusus perlu dilakukan KPU Jombang guna meningkatkan partisipasi pemilih. Selain itu, langkah door to door tersebut diharapkan bisa meningkatkan pemahaman pemilih terkait Pilpres dan Pileg yang berlangsung secara bersamaan.

"Kita terus sampaikan kepada masyarakat terkait Pemilu bersama tahun depan. Bulan depan kita masuk ke kelompok-kelompok khusus," katanya saat ditemui disela kegiatan Car Free Day, di Jalan KH Wahid Hasyim Jombang, Sabtu (28/10/2018).

Diakui, perkembangan seputar Pilpres 2019 lebih banyak menyita perhatian publik dibanding hajatan Pileg yang akan berlangsung bersamaan. Padahal, profil dan nama-nama calon anggota parlemen juga penting dicermati para pemilih.

Dipaparkan Fatoni, sosialisasi Pemilu 2019 dengan masuk ke sejumlah kelompok khusus diharapkan bisa meningkatkan kepedulian pemilih terhadap calon-calon anggota legislatif sebelum nantinya dipilih.

"Kita berharap masyarakat juga memahami bahwa selain memilih Presiden dan Wakil Presiden, ada pemilihan anggota DPD, ada pemilihan anggota DPR RI, anggota DPRD Propinsi dan anggota DPRD Kabupaten," ujar Fatoni.

Baca juga: Lewat Car Free Day, KPU Jombang Ajak Masyarakat Teliti DPT

Komisioner KPU Jombang bidang sosialisasi ini menambahkan, KPU Jombang mendeteksi sedikitnya 11 kelompok sasaran sebagai kelompok khusus di Kabupaten Jombang yang nantinya akan didatangi KPU.

KPU Jombang, diantaranya akan mendekati kelompok miskin kota, kelompok masyarakat pinggiran serta kelompok penyandang disabilitas.

Selain itu, KPU Jombang juga menyosialisasikan pelaksanaan Pilpres dan Pileg 2019 ke sejumlah tempat khusus, seperti Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan Pesantren.

Kompas TV Perbedaaan dana awal kampanye yang cukup mencolok antara keduanya menjadi perdebatan antara elite masing-masing pasangan.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com