Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baru Akan Diproduksi Massal 2019, Sukiyat Sebut Sudah Ada Ribuan Pemesan Mobil Esemka Generasi III

Kompas.com - 26/10/2018, 07:14 WIB
Labib Zamani,
Khairina

Tim Redaksi

KLATEN, KOMPAS.com - Respons pasar terhadap kendaraan Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes) yang merupakan mobil Esemka generasi III cukup positif.

Sudah ada ribuan pemesan meski kendaraan tersebut baru akan peoduksi pada Januari 2019.

"Kendaraan AMMDes ini sudah ada ribuan yang pesan. Mereka yang pesan dari berbagai daerah," kata Presiden Komisaris PT Kiat Mahesa Wintor Indonesia (KMWI) dan PT Kiat Mahesa Wintor Distributor (KMWD) Sukiyat ditemui di Klaten, Jawa Tengah, Kamis (25/10/2018).

Inisiator mobil Esemka ini mengungkap, kendaraan AMMDes akan diproduksi sebanyak 15.000 unit kendaraan.

Dia memperkirakan 15.000 unit kendaraan yang diproduksi tersebut nantinya masih kurang untuk mencukupi kebutuhan pasar.

"Saya optimitis pangsa pasar kendaraan jenis ini bagus. Saya kira 15.000 unit kendaraan setahun itu nanti masih kurang," ungkap dia.

Baca juga: Sukiyat Akui Sudah Bicara dengan Jokowi soal Produksi 15.000 Mobil Esemka Generasi III

Para pemesan kendaraan Kiat Mahesa Wintor berasal dari berbagai daerah. Ada dari Sulawesi, Kalimantan, Sumatera, Tangerang, Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Jawa Timur, Klaten, Magelang, dan daerah lainnya di Indonesia.

Satu unit kendaraan AMMDes hanya dibanderol dengan harga Rp 70 juta. Pemesanan kendaraan ini cukup mudah. Masyarakat yang ingin pesan kendaraan cukup meninggalkan kartu identitas (KTP) dan nomor telepon. Setelah kendaraan yang dipesan selesai, pemesan akan dihubungi melalui nomor telepon tersebut.

Kendaraan berbasis pikap ini memiliki dimensi panjang 358 cm, lebar 137 cm, dan tinggi 190 cm. Kendaraan AMMDes menggunakan tenaga dari mesin diesel yang digadang-gadang memiliki tenaga sebesar 16 hp.

Presiden Direktur KMWI Reiza Tristanto menjelaskan, kendaraan AMMDes sudah melalui serangkaian tahapan uji coba selama tiga tahun. Sehingga, faktor keamanan dan keselamatan terhadap kendaraan ini sangat diutamakan.

"Sudah ada 85 unit kendaraan yang kami ujicobakan. Uji coba kami lakukan kepada kelompok tani. Salah satunya yang ada di Magelang," terangnya.

Kendaraan AMMDes menggunakan tenaga mesin diesel satu silinder berkapasitas 650 cc atau setara dengan 15 hp. Kendaraan ini menggunakan transmisi empat kecepatan maju dan satu mundur. Kemudian, keempat roda kendaraan sudah dilengkapi disc brake (rem cakram).

"Kami mengutamakan keamanan dan keselamatan karena kendaraan ini menggunakan barang berat. Faktor safety menjadi perhatian kami," ungkap dia.

Kompas TV Menteri Luhut Ragukan Esemka Jadi Mobil Presiden
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com