Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah di Balik Bunuh Diri Keluarga FX Ong, Choky dan Snowy Ikut Ditembak

Kompas.com - 26/10/2018, 06:35 WIB
Aji YK Putra,
Khairina

Tim Redaksi

 

PALEMBANG, KOMPAS.com — Peristiwa bunuh diri yang dilakukan keluarga Fransiscus Xaverius (FX) Ong (45) menarik perhatian warga lantaran Ong nekat menembak kepala istri dan anaknya hingga tewas menggunakan senjata api rakitan jenis revolver.

Pihak kepolisian pun sempat dibuat kebingungan karena dalam surat wasiat yang ditinggalkan FX Ong di atas meja kerja tertulis nama Choky dan Snowy. Sementara petugas hanya menemukan empat korban tewas termasuk FX Ong.

Setelah rumah digeledah secara detail, dan rupanya Choky dan Snowy yang ditulis FX Ong adalah anjing kesayangannya jenis puddle dan minipom.

Kedua hewan naas itu ditemukan dalam kondisi mati di dalam bak mandi rumah Ong.

Dalam tulisan tersebut, FX Ong menuliskan bahwa ia tak tega meninggalkan Choky dan Snowy dalam peristiwa itu.

"Aku sudah sangat lelah, maafkan aku. Aku sangat sayang dengan anak dan istriku. Choky dan Snowy, aku tidak sanggup meninggalkan mereka di dunia ini," tulis surat tersebut yang terpajang di meja kerja korban. 

Baca juga: Puntung Rokok, Bercak Darah, hingga Revolver Jadi Petunjuk Utama Bunuh Diri Keluarga FX Ong Terungkap, Ini Sebabnya

Kapolda Sumatera Selatan Irjen Zulkarnain Adinegara mengatakan, rasa sayang yang diungkapkan FX Ong menjadi salah satu tanda jika ia akan mengakhiri hidup bersama keluarganya.

Meskipun demikian, dalam peristiwa tersebut FX Ong disebut sebagai pelaku pembunuhan terhadap anak serta istrinya.

“Awalnya juga kami kira nama Choky dan Snowy korban lain, enggak taunya anjing peliharaan yang ditemukan dalam bak mandi,” ujar Zulkarnain, Kamis ( 25/10/2018).

Zulkarnain mengatakan, hasil penyelidikan dan investigasi Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Sumsel dan Polresta Palembang, kejadian itu murni bunuh diri yang dilakukan FX Ong.

Terlihat seluruh kejadian itu telah dipersiapkan secara matang oleh FX Ong. Mulai dari mematikan rekaman CCTV hingga memberikan uang serta surat wasiat.

“Semuanya sudah direncanakan secara matang kalau kami lihat dan ini murni bunuh diri, hasil senjata yang digunakan juga ada kecocokan dengan peluru yang menembus tiga korban lain termasuk FX Ong,” ujarnya.

Kompas TV Setelah melakukan penusukan pelaku langsung kabur meninggalkan korban.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com