Fans Gombloh Protes Cawapres Sandiaga Uno

Kompas.com - 25/10/2018, 20:23 WIB
Calon wakil presiden nomor urut 02, Sandiaga Salahuddin Uno ziarah ke makam Gombloh di tempat pemakaman umum Tembok Gede, Surabaya, Minggu (21/10/2018). KOMPAS.com/GHINAN SALMANCalon wakil presiden nomor urut 02, Sandiaga Salahuddin Uno ziarah ke makam Gombloh di tempat pemakaman umum Tembok Gede, Surabaya, Minggu (21/10/2018).

SURABAYA, KOMPAS.com - Kunjungan cawapres nomor urut 2, Sandiagap Salahudin Uno, ke makam penyanyi Gombloh di kompleks pemakaman umum Tembok Gede Surabaya, Minggu (21/10/2018) lalu, berbuntut protes.

Fans Gombloh tidak berkenan dengan atribut yang dibawa pendukung Sandiaga, berupa lukisan Gombloh yang mengenakan topi dengan gambar angka 2.

Lukisan Gombloh memakai topi bergambar angka 2 itu dibawa pendukung Sandiaga sepanjang ziarah.

"Keluarga dan fans Gombloh keberatan dengan lukisan tersebut, karena figur Gombloh secara tidak langsung dibawa-bawa sebagai media kampanye pilpres," kata Guruh Dimas Nugroho, koordinator Fans Gombloh, dikonfirmasi, Kamis (25/10/2018).

Baca juga: Safari ke Surabaya, Sandiaga Ziarahi Makam Gombloh

Istri dan anak Gombloh memang sempat dihubungi saat Sandiaga akan berziarah ke makam Gombloh. Namun saat itu keluarga hanya menyambut di depan lokasi makam.

"Kalau hanya sekadar ziarah kami senang, karena publik diingatkan dengan figur Gombloh melalui kunjungn Sandiaga ke makam Gombloh," ucapnya.

Dia juga memprotes pernyataan Sandiaga yang menyebut Gombloh pejuang ekonomi kreatif. Menurut dia, sebutan itu mengaburkan figur Gombloh sesungguhnya, yakni seniman musik yang nasionalis dan humanis.

"Kalau hanya sekadar pejuang ekonomi kreatif, figur Gombloh disamakan dengan pelaku usaha atau pedagang. Ini sangat bertolak belakang dengan figur Gombloh sesungguhnya," terang pentolan Grup Musik Sekaring Jagad ini.

Baca juga: Sandiaga Uno: Para Santri Harus Melakukan Jihad Ekonomi

Dalam safari politiknya ke Jawa Timur pekan lalu, Sandiaga Uno menyempatkan diri berziarah ke makam legenda pemusik Gombloh.

Selain itu, pasangan Prabowo Subianto itu juga mengunjungi pusat grosir Surabaya dan meresmikan posko tim pemenangan Jawa Timur keesokan harinya.

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X