Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Gratiskan Suramadu, Ini Kata 2 Kepala Daerah di Madura

Kompas.com - 25/10/2018, 12:05 WIB
Taufiqurrahman,
Khairina

Tim Redaksi


PAMEKASAN, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo direncanakan meresmikan pembebasan tarif tol Surabaya-Madura (Suramadu) pada Sabtu (27/10/2018). Kebijakan ini banyak mendapat respon positif dari berbagai kalangan, di antaranya dua kepala daerah di Madura.

Bupati Pamekasan Badrut Tamam mengatakan, pembebasan biaya tol Suramadu membuka harapan baru untuk kemajuan pembangunan di Kabupaten Pamekasan.

Sebab, akses transportasi sudah tidak perlu lagi terbebani biaya dan semakin memudahkan masyarakat umum dan pelaku usaha.

"Presiden Jokowi sudah tepat membuat kebijakan. Tol Suramadu gratis, dampaknya akan terasa begitu besar bagi pembangunan di Madura dan Pamekasan khususnya," ujar Badrut Tamam kepada Kompas.com, Kamis (25/10/2018).

Mantan anggota DPRD Jawa Timur ini menambahkan, seiring dengan kebijakan Jokowi tersebut, sebagai kepala daerah, pihaknya juga siap bergandengan tangan dengan siapa pun yang akan membangun Pamekasan.

Tujuannya, demi kemakmuran masyarakat Pamekasan.

Wakil Bupati Sumenep Fauzi menilai, kebijakan Jokowi membebaskan biaya tol Suramadu menjadi kado pembangunan yang cukup besar bagi masyarakat Madura setelah empat tahun menjabat.

Sektor usaha mikro masyarakat Madura akan sangat terbantu dengan kebijakan tersebut.

Baca juga: Demokrat dan PPP Puji Jokowi yang Gratiskan Tol Suramadu

Di Madura sendiri, imbuh Fauzi, jumlah pengiriman barang ke Jawa yang melintasi jembatan Suramadu sangat besar.

Terutama, hasil-hasil pertanian dan perkebunan serta kerajinan. Para pelaku usaha itulah yang sangat merasakan dampaknya, selain masyarakat umum yang hanya memiliki kendaraan pribadi.

"Kalau satu orang pengusaha cabe dan kelapa per hari mengirimkan tiga truk, maka berapa biaya yang sudah dihemat oleh mereka. Biaya yang sebelumnya dikeluarkan di Suramadu, bisa dibuat untuk bayar tol di Jawa," ungkap Fauzi. 

Kompas TV Mulai Selasa 31 oktober seluruh gerbang tol akan memberlakukan pembayaran non tunai.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com