Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ridwan Kamil Ajak Wakil Wali Kota Bandung Debat Soal Skywalk Cihampelas

Kompas.com - 24/10/2018, 13:22 WIB
Dendi Ramdhani,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mengajak Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana adu argumen soal penataan Pedagang Kaki Lima (PKL) di Kota Bandung.

Hal itu dikatakan Ridwan Kamil menjawab pernyataan Yana yang menilai proyek skywalk bukan solusi dalam penataan PKL.

Seperti diketahui, proyek skywalk memang diterapkan Ridwan Kamil sewaktu jadi Wali Kota Bandung untuk menata PKL di kawasan wisata belanja Cihampelas.

"Menurut saya solusi, jadi kalau dibilang bukan solusi silakan berdebat," kata Emil, sapaan akrabnya di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Rabu (24/10/2018).

Baca juga: Bangun Skywalk Cihampelas, Pemkot Bandung Anggarkan Rp 23 Miliar

Menurut Ridwan skywalk bisa jadi solusi penataan PKL untuk daerah urban seperti Kota Bandung. Jika skywalk dianggap bukan solusi, ia pun meminta Yana untuk memberikan solusi yang lebih untuk menata PKL di Bandung.

"Kalau dinyatakan tidak solutif ya apa dong solusinya versi yang mengatakan tidak solutif. Seorang Ridwan Kamil menyatakan itu solusi, buktinya Cihampelas beres," tuturnya.

Disinggung soal terhambatnya penataan PKL Cicadas, Emil mengatakan jika saat itu Pemkot Bandung belum punya solusi pasti bagi para pedagang. Rencana relokasi ke salah satu mall di kawasan Cicadas terganjal aspek hukum.

"Pemerintah tidak bisa menggusur tanpa solusi. (PKL) Cicadas itu pilihannya ada mall yang bisa jadi relokasi, tapi kan bermasalah di aspek hukum," tutur Emil.

"Maka bercermin dari Cihampelas, dibangunlah usulan Cicadas seperti yang sama. Kalau itu dianggap tidak oleh rezim baru sekarang silakan, saya tunggu saja solusinya seperti apa," jelasnya.

Baca juga: Wajah Cihampelas, dari Kolam Renang Khusus Belanda, Patung Superman, hingga Skywalk

Memilih relokasi

Diberitakan sebelumnya, Wakil Wali Kota Bandung sekaligus Ketua Satgasus PKL, Yana Mulyana mengunjungi lokasi PKL Cicadas di Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung, Selasa (23/10/2018).

Kunjungan tersebut dalam rangka persiapan penataan PKL Cicadas yang direncanakan oleh Pemerintah Kota Bandung dalam waktu dekat.

Yana menjelaskan, ke depan PKL Cicadas akan ditata dengan menyeragamkan lapak-lapak jualan para pedagang agar estetika kota bisa kembali terlihat rapi.

“Jadi nanti diharapkan ada kenyamanan dan kebersihan juga. Karena nanti ada kesepakatan ditata untuk ukuran dan jenis tenda tertentu yang kita buat,” jelasnya.

Baca juga: Oded-Yana Janji Bereskan Masalah PKL Cicadas dan Cikutra Bandung

Ketika ditanya soal opsi relokasi dengan sistem skywalk seperti yang sudah dilakukan Wali Kota Bandung sebelumnya Ridwan Kamil di Jalan Cihampelas, Yana mengaku ogah mengikuti langkah tersebut. Menurut dia, skywalk bukan sebuah solusi bijak untuk mengentaskan masalah PKL.

“Saya sih berpendapat itu bukan solusi. Skywalk itu sebetulnya jalan di atas bukan untuk PKL. Yang betul itu skywalk jalan di-sky gitu. Fungsinya pedestrian, bukan fungsi perdagangan. Kalau saya konsul dengan Pak Wali Kota, kita konsepnya lebih ke relokasi, penataan, enggak pakai skywalk,” tegasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com