Mulai 2019, Pemkot Denpasar Larang Penggunaan Kantong Plastik di Toko

Kompas.com - 23/10/2018, 15:59 WIB
Pemerintah Kota (Pemkot) Denpasar mulai menggiatkan pengurangan pemakaian kantong plastik terhitung pada 1 Januari 2019. Instagram: Pemerintah Kota Denpasar, @denpasarkotaPemerintah Kota (Pemkot) Denpasar mulai menggiatkan pengurangan pemakaian kantong plastik terhitung pada 1 Januari 2019.

DENPASAR, KOMPAS.com - Plastik merupakan salah satu bahan yang dianggap sulit untuk terurai. Sebab, proses penguraian plastik bisa berlangsung hingga ratusan tahun.

Menurut data Asosiasi Industri Plastik Indonesia (INAPLAS) dan Badan Pusat Statistik (BPS), pada 2018 Indonesia menempati posisi kedua sebagai penyumbang sampah plastik terbanyak di dunia.

Sebanyak 64 juta ton per tahun sampah plastik diproduksi Indonesia.

Menilik banyaknya sampah plastik yang ada di Indonesia, Pemerintah Kota Denpasar melarang penggunaan kantong plastik di toko-toko modern dan pusat perbelanjaan pada 1 Januari 2019 mendatang.

"Tujuannya agar dampak dari sampah plastik dapat kita antisipasi lebih awal, apalagi plastik sangat susah diurai," ujar Kepala Subbag Pengumpulan Informasi dan Publikasi Humas Pemkot Denpasar, I Wayan Hendaryana saat dihubungi Kompas.com pada Selasa (23/10/2018).

Menurut Hendaryana, jika plastik mulai mencemari sungai dan berimbas ke laut, otomatis dampak sampah plastik juga akan mencemari biota laut.

Untuk itu, Pemkot Denpasar mengantisipasinya dengan membatasi penggunaan kantong plastik di beberapa pusat perbelanjaan.

Termasuk pasar tradisional

Dalam membatasi penggunaan kantong plastik, Pemkot Denpasar telah mengampanyekan pengurangan pemakaian kantong plastik sejak 2017.

"Sejak tahun kemarin, Pemkot Denpasar sudah gencar mempromosikan pengurangan memakai kantong plastik, upaya yang dilakukan yakni pembagian tas ramah lingkungan pada car free day," ujar Hendaryana.

Tak hanya berdampak pada pusat perbelanjaan modern, rencananya Pemkot Denpasar juga akan meminimalisasi penggunaan kantong plastik pada pasar tradisional.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X