Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ganjar Pranowo Ajak Santri Perang Melawan Hoaks

Kompas.com - 22/10/2018, 21:27 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin,
Farid Assifa

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengajak kalangan santri untuk ikut serta berperang melawan hoaks.

Hoaks jika tidak diperangi bisa berpotensi memecah belah bangsa.

Hal itu disampaikan Ganjar saat sarasehan Hari Santri Nasional (HSN) ke-4 tahun 2018 di gedung Gradhika Bhakti Praja, Kompleks Gubernur Jateng di Semarang, Senin (22/10/2018).

"Santri harus menjadi garda terdepan dalam upaya penanggulangan hoaks. Berita hoaks saat ini luar biasa, sehingga semua harus memerangi berita-berita yang meresahkan masyarakat,” ujar pria 49 tahun ini.

Dalam sarasehan hari santri, Ganjar berdialog dengan para santri. Kepada santri, ia bertanya bagaimana cara menangkal informasi yang tidak benar.

Baca juga: Sandiaga Uno: Para Santri Harus Melakukan Jihad Ekonomi

Kemudian jika hoaks disebar melalui dunia maya, ia bertanya cara pencegahannya.

Ganjar mengaku beruntung karena ia mendapati jawaban yang pas dari para santri. Jika hoaks disebarkan di dunia maya, maka penangkalnya juga melalui media yang sama.

“Santri juga harus punya medsos untuk menangkal informasi hoaks. Jadi kalau punya medsos harus dimanfaatkan untuk berdakwah, misalnya menyebarkan informasi yang baik-baik, ikut meluruskan jika ada berita hoaks," tambahnya.

Baca juga: Suka Cita Ribuan Santri Ikuti Kirab HSN 2018 di Magelang

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com