Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prabowo-Sandi ke Tebuireng, Gus Sholah Nyatakan Bukan Kampanye

Kompas.com - 22/10/2018, 10:08 WIB
Moh. SyafiĆ­,
Khairina

Tim Redaksi

JOMBANG, KOMPAS.com - Pasangan calon presiden-calon wakil presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, melakukan kunjungan ke Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur, Senin (22/10/2018).

Prabowo-Sandi dijadwalkan menggelar apel Hari Santri Nasional (HSN) bersama ribuan santri.

Pasangan capres-cawapres ini juga akan melakukan napak tilas Resolusi Jihad dengan rute dari Pesantren Tebuireng, Tambak Beras, Denanyar, hingga ke Tugu Pahlawan Surabaya.

Pengasuh Pesantren Tebuireng, KH Salahuddin Wahid (Gus Sholah) mengungkapkan, kedatangan Prabowo-Sandi merupakan ikhtiar keduanya untuk bersilaturahim dengan jajaran pengasuh pesantren.

Keduanya direncanakan ikut serta menyemarakkan peringatan Hari Santri Nasional (HSN) yang diperingati setiap tanggal 22 Oktober.

Meski berstatus sebagai capres- cawapres, namun keduanya tidak melakukan kampanye, khususnya di Pesantren Tebuireng.

"Bukan (kegiatan) kampanye," ujar Gus Sholah.

Baca juga: Tak Ubah Gaya, Prabowo Dinilai Langgengkan Jokowi 2 Periode

"Pak Prabowo dan rombongan akan menyelenggarakan peringatan Hari Santri di sekitar Tebuireng. Rencananya juga ke Tambakberas, lalu ke Denanyar," lanjut pengasuh Pesantren Tebuireng ini.

Pihak pengasuh dan pengurus Pesantren Tebuireng, kata Gus Sholah, berkomitmen untuk menjaga area pendidikan dan pesantren dari kegiatan kampanye politik.

Pesantren Tebuireng bersedia menerima kedatangan Prabowo-Sandi dalam rangka silaturahim.

"Kami tidak ingin melanggar aturan. Area pendidikan dan pesantren tidak boleh dijadikan untuk kampanye. Kami akan menjaga agar tidak ada kampanye di sini (Pesantren Tebuireng)," ungkap adik kandung Presiden RI ke-4, KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) ini.

"Kalau Pak Prabowo dan rombongan ke sini untuk silaturahim, kami terima. Demikian juga dengan Pak Jokowi, Kiai Ma'ruf Amin. Kiai Ma'ruf beberapa waktu yang lalu juga ke sini. Kami hargai siapa saja yang mau bersilaturahim," papar Gus Sholah.

Selain bertemu dengan pengasuh Pesantren Tebuireng, Prabowo-Sandi dijadwalkan mengikuti apel Hari Santri Nasional (HSN) di sebuah lapangan yang lokasinya berada di sebelah barat Pesantren Tebuireng.

Para santri Tebuireng, tambah Gus Sholah, pada hari ini menjalankan aktivitas sebagaimana biasanya di sekolah masing-masing.

"Ada Apel Hari Santri di lapangan di sebelah barat. Itu lapangan milik Pemda, bukan milik Tebuireng," ungkap Gus Sholah.

Sementara itu, Prabowo-Sandi tiba di Pesantren Tebu Ireng sekitar pukul 08.50 WIB. Pasangan Capres-Cawapres ini disambut puluhan santri dan lantunan shalawat.

Prabowo-Sandi juga disambut oleh KH Salahuddin Wahid dan jajaran pengasuh Pesantren Tebuireng.

Hingga pukul 09.20 WIB, sedang berlangsung pertemuan tertutup antara Prabowo dan rombongannya dengan jajaran pengasuh Pesantren Tebuireng Jombang di dalam kasepuhan.

 

Kompas TV Ratna dijerat polisi berbuat onar dengan meyebarkan informasi bohong mengenai dirinya yang dianiaya.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com