Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Santri Nasional, Ribuan Santri Padati Lapangan Gasibu Bandung

Kompas.com - 21/10/2018, 22:03 WIB
Dendi Ramdhani,
Khairina

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Ribuan santri memadati Lapangan Gasibu, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Minggu (21/10/2018). Mereka datang untuk menghadiri puncak peringatan Hari Santri Nasional (HSN).

Sekitar pukul 16.00 WIB, ribuan santri yang berasal dari sejumlah daerah di Jawa Barat sempat melakukan kirab melintasi beberapa jalan sebelum diarahkan menuju Lapangan Gasibu.

Ratusan aparat gabungan mulai menerapkan penjagaan ketat menjelang acara yang dibuka usai maghrib.

Kapolrestabes Bandung Kombespol Irman mengatakan, pihaknya menerjunkan 2.271 personel gabungan untuk mengamankan kegiatan tersebut.

"Ada 2.271 personel gabungan dari TNI, Polri dan instansi terkait. Pola pengamanannya nanti dibagi menjadi beberapa ring," kata Irman.

Baca juga: Ditarget Jokowi Raih 82 Persen, Ini Penjelasan Tim Kampanye Jateng

Irman menambahkan, dengan adanya kegiatan tersebut sejumlah ruas jalan Diponegoro dan Jalan Surapati ke arah Lapangan Gasibu ditutup.

"Kepada pengguna jalan agar memaklumi ada rekayasa jalan. Ada pengalihan arus di beberapa titik yang tentu akan membuat terjadi kepadatan," tutur Irman.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo dijadwalkan hadir pada pukul 20.00 WIB. Acara tersebut turut dimeriahkan oleh grup musik gambus, Sabyan.

"Kami merasa tersanjung Pak Jokowi hadir. Ya tentu ini jadi kebanggaan buat kami, tapi yang penting ini kebanggaan untuk semua santri di seluruh Indonesia," kata Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum. 

Kompas TV Presiden Joko Widodo menjadi salah satu pembicara di acara Tri Hita Karana Forum For Sustainable Development, dalam pertemuan IMF-World Bank.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com