Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kerangka Pria yang Ditemukan dalam Posisi Bertapa Beralaskan Sajadah Gegerkan Warga Desa

Kompas.com - 19/10/2018, 05:53 WIB
Puthut Dwi Putranto Nugroho,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

GROBOGAN, KOMPAS.com — Warga Desa Mangin dan Desa Karanganyar di Kecamatan Karangrayung, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, digegerkan dengan penemuan kerangka manusia di kawasan hutan setempat, Kamis (18/10/2018). 

Kerangka tersebut ditemukan di petak 57a, RPH Mangin, BKPH Ketawar, KPH Telawa, sekitar pukul 08.00 WIB. Wilayah penemuan kerangka masuk Dusun Banger, Desa Karanganyar, yang berbatasan dengan Desa Mangin.

Informasi yang dihimpun menyebutkan, kerangka tersebut kali pertama ditemukan oleh Tarsilan (42), warga Desa Mangin. Kebetulan saat itu, Tarsilan sedang mencari rumput untuk pakan ternak di kawasan hutan.

Baca juga: Polisi: Kerangka Pria Bertapa Beralas Sajadah, Diduga Meninggal Saat Jalankan Ritual

Kerangka itu ditemukan di pinggir sebuah parit kecil yang kondisinya sudah mengering. Meski sangat sulit dikenali, diperkirakan pemilik kerangka itu berjenis kelamin pria.

Setelah menemukan kerangka, Tarsilan kemudian bergegas memberitahukan pada saudaranya, Nardi (57), yang kebetulan juga mencari rumput dengannya. Kemudian, penemuan kerangka itu dilaporkan pada warga dan perangkat desa serta diteruskan pada pihak Polsek Karangrayung.

Kapolsek Karangrayung AKP Sukardi menyampaikan, setelah menerima laporan. kepolisian langsung bergegas meluncur ke lokasi penemuan kerangka bersama tim Inafis Polres Grobogan. Dari hasil pemeriksaan, tidak ditemukan adanya unsur kekerasan.

Baca juga: Anak SMA Dibunuh dan Dibakar, Polisi Cari Sisa Kerangka di Kebun Sawit

Saat ditemukan, posisi kerangka itu seperti duduk bersila. Dari pemeriksaan di lokasi, ditemukan sisa baju dan celana, sebuah sajadah, dan buku nikah di dalam saku yang kondisinya sudah rusak dan sulit diidentifikasi.

"Jasad korban langsung dilarikan ke RSUD Purwodadi untuk pemeriksaan lebih lanjut. Identitas korban masih ditelusuri," katanya.

Posisi bertapa

Sementara itu, Kasat Reskrim Polres Grobogan AKP Maryoto menambahkan, setelah diperiksa, jasad yang tinggal kerangka tersebut bukan merupakan korban pembunuhan. Diduga korban meninggal dunia tiga bulan yang lalu.

"Berdasarkan pemeriksaan, tidak ada tanda-tanda kekerasan dan bukan korban pembunuhan. Dugaan kami, korban itu bertapa di lokasi tersebut. Dekat dengan punden yang dikeramatkan," kata dia. 

Posisi korban bersila dengan beralaskan sajadah. Sementara sepatu diduduki korban. Kami masih menyelidiki kasus ini. Korban ini meninggal dunia tiga bulan lalu," pungkas Maryoto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com