Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nurdin Abdullah Luncurkan Aplikasi Aduan Masyarakat Sulsel

Kompas.com - 18/10/2018, 15:48 WIB
Hendra Cipto,
Reni Susanti

Tim Redaksi

MAKASSAR, KOMPAS.com – Setelah resmi menjabat Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah, mulai membenahi sistem Pemerintahan Provinsi Sulsel. Ia pun meluncurkan program-program yang dijanjikan saat kampanye dulu.

Salah satunya, aplikasi aduan masyarakat Sulsel bernama “Publik Baruga Pelayanan Masyarakat Sulsel”. Aplikasi itu diluncurkan di ruang rapat pimpinan kantor Gubernur Sulsel, Kamis (18/10/2018).

Baruga Pelayanan Masyarakat Sulsel ini berbasis media sosial (medsos). Aplikasi ini akan melayani aspirasi dan aduan masyarakat terhadap berbagai persoalan di masyarakat.

Aplikasi aduan ini hadir dalan rangka memberikan ruang publik, kemudahan, kecepatan, dan kepastian untuk menyalurkan aspirasi dan permalahan masyarakat Sulsel.

Baca juga: Nurdin Abdullah: Saya Dukung Jokowi, Tapi Tak Bisa Targetkan Kemenangan

Aplikasi ini pun menjadi bagian dari komitmen Pemprov sulsel untuk terus meningkatkan kualitas layanan publik yang semakin baik, secara cepat, tepat, dan tuntas.

Kepala Dinas Komunikasi, Informasi, Statistik, dan Persandian (Kominfo SP), Andi Hasdullah dalam keterangan tertulisnya menjelaskan, Barugasulsel sudah bisa di-download di play store.

“Melalui aplikasi ini, masyarakat diberi ruang bisa sampaikan aspirasi dan aduannya lewat facebook, instagram, twitter, email, sms, dan web berbasis android," tuturnya. 

Selanjutnya, aplikasi aduan Baruga Sulsel terintegrasi dengan aplikasi aduan Lapor Sp4m yang berlaku secara nasional, sehingga tindak lanjut aduan publik secara sistem terdisposisi penyelesaiannya, berdasarkan kewenangan kabupaten, kota, provinsi, dan kementerian terkait.

"Gubernur Sulsel dapat juga melihat dan merekam aspirasi dan kondisi masyarakat Sulsel yang masuk lewat aplikasi ini dan dapat menjadi salah satu rujukan,” tuturnya.

Baca juga: Nurdin Abdullah: Saya Jujur Saja, Saya Sudah Bersama Pak Jokowi...

Sementara itu, Nurdin Abdullah menuturkan, Baruga Sulsel ini merupakan inovasi berbasis teknologi yang sangat baik.

Inovasi ini merupakan langkah maju dalam menghadirkan program 100 hari Pemprov Sulsel.

“Memang seharusnya seluruh OPD seperti ini. Dalam 100 hari pertama saya sebagai gubernur Sulsel harus memikirkan apa gebrakan yang bisa dilakukan," ungkapnya.

"Kalau ada inovasi yang bermanfaat untuk semua orang dengan biaya murah, baru diapresiasi. Aplikasi ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya," tandasnya.

Nurdin menginstruksikan kepada seluruh OPD agar bisa merespons secara cepat berbagai keluhan dan aduan masyarakat yang masuk melalui aplikasi ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com