Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Semangati Korban Banjir, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi Bilang "Malam Ini Saya Bersama Kalian"

Kompas.com - 17/10/2018, 14:02 WIB
Caroline Damanik

Editor

MANDAILING NATAL, KOMPAS.com - Kalimat penyemangat dan motivasi dicurahkan oleh Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi saat mengunjungi pengungsi bencana banjir bandang yang menewaskan 12 murid madrasah di Desa Muara Saladi, Ulu Pungkut, Kabupaten Mandailing Natal, Senin (15/10/2018).

Dia melakukan berbagai cara untuk menyemangati para korban, termasuk keluarga dari korban yang tewas pada Jumat pekan lalu.

Edy memberi motivasi kepada warga dan turut menyerahkan bantuan kepada warga yang kini mengungsi di Balai Naposo Nauli Bulung, Kelurahan Hutagodang, Ulu Pungkut, Mandailing Natal.

"Tidak satu pun orang yang menghendaki datangnya musibah. Karena itu, saya minta agar tidak berlarut-larut dalam kesedihan," ujar Edy.

Baca juga: Banjir Bandang di Mandailing Natal, Kayu Berserakan, Batu Besar Bertumpuk di Sana Sini

Edy juga mengajak para korban bencana untuk terus menggelar tahlilan serta shalat gaib mendoakan korban.

"Setelah ini ibu-ibu dan bapak-bapak semua istirahat, nanti malam tahlilan dan shalat gaib," kata Edy.

Pensiunan anggota tentara itu juga menyampaikan niat menginap di lokasi bencana.

 

"Malam ini saya akan bersama-sama kalian di sini," kata Gubernur Sumut ini.

Baca juga: Mobil Kepala Dinas Terseret Banjir Bandang Saat Pulang dari Kunjungi Korban

Relokasi

Edy mengatakan pihaknya bersama Pemkab Mandailing Natal akan merelokasi rumah warga serta sekolah dasar yang rusak diterjang banjir.

Dia juga meminta Bupati Mandailing Natal Dahlan Nasution untuk mempercepat proses pemindahan murid-murid sekolah dasar di desa itu ke sekolah lain untuk sementara. Berdasarkan informasi, relokasi akan dilakukan di Simpang Hulu, Mandailing Natal.

"Saya harap ini waktu sesingkat-singkatnya selesai karena tak boleh terlalu lama. Anak sekolah ini tidak boleh terlalu lama tidak sekolah. Di Simpang Luhu itu ada sekolah SD. Nanti mulai waktu sesingkatnya anak-anak SD ini segera sekolah di Simpang Luhu," kata Edy.

Baca juga: 5 Fakta Banjir dan Longsor di Sumatera, 12 Siswa Meninggal hingga Jalan Tertutup Longsor

Banjir bandang yang menerjang Desa Muara Saladi, Kecamatan Ulu Pungkut, Kabupaten Mandailing Natal (Madina) menyisakan duka bagi warga. Selain kehilangan harta benda dan rumah yang tergenang banjir, warga terpaksa mengungsi ke tempat yang aman.

Saat ini, pemerintah setempat membawa 284 warga ke Balai Naposo Nauli Bulung, Kelurahan Hutagodang, Kecamatan Ulu Pungkut.

"Di sini tempat yang aman. Setelah kejadian, warga langsung kami bawa mengungsi kemari," kata Camat Ulu Pungkut, Johan Lubis.

Di lokasi pengungsian, saat Gubernur Sumut berkunjung, warga terlihat ada yang duduk dan berbaring di tengah maupun sudut ruangan. Baik muda, maupun tua menjadi satu. Melihat kondisi yang begitu padat, para pengungsi ini terpaksa tidur berdesakan.

 

Artikel ini telah tayang di tribun-medan.com dengan judul Edy Rahmayadi Ajak Tahlilan Korban Banjir Madina, Menginap di Tempat Pengungsi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com