Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

124 Gardu Listrik Kembali Berfungsi di Zona Bencana Sulteng, Tim PLN Babel Ditarik Pulang

Kompas.com - 16/10/2018, 13:39 WIB
Heru Dahnur ,
Farid Assifa

Tim Redaksi

PANGKAL PINANG, KOMPAS.com - Tim reaksi cepat PLN unit induk wilayah Bangka Belitung (PLN Babel) ditarik pulang dari zona bencana gempa dan tsunami Sulawesi Tengah, setelah menuntaskan misi relawan selama 12 hari.

Selama bertugas, relawan berhasil menormalkan 124 gardu, 25 gawang saluran udara tegangan menengah (SUTM), 120 titik sambungan rumah (SR), 34 gawang jaringan tegangan rendah (TR), 85 konduktor, 26 buah CO, dan berbagai gangguan jaringan listirk lainnya.

"Hari ini tim reaksi cepat kembali bertugas di PLN Bangka Belitung. Kami bangga dan berterima kasih atas dedikasi dan militansi para relawan selama menjalankan tugas di Palu. Alhamdulilah hari ini semuanya pulang dalam keadaan sehat, aman dan selamat," kata General Manager PLN Unit Induk Wilayah Bangka Belitung, Abdul Mukhlis, Selasa (16/10/2018).

Dia menuturkan, saat ini kondisi kelistrikan di Palu, Donggala, Sigi, dan Perigi mulai pulih. Sebanyak tujuh gardu induk dan 1.933 gardu distribusi sudah beroperasi 100 persen.

Baca juga: PLN Nyalakan Kembali Listrik di Sebagian Donggala

Tercatat 45 penyulang juga sudah pulih 100 persen. 15 perkantoran, dau PDAM, delapan rumah sakit, 10 bank dan ATM, 11 SPBU, 18 BTS, 15 pusat ekonomi dan 17 tempat ibadah menjadi prioritas suplai listrik.

Total ada kurang lebih 1.300 relawan datang dari berbagai daerah untuk mempercepat pemulihan jaringan listrik di Palu dan sekitarnya.

Relawan tim reaksi cepat PLN Babel berangkat sejak dua Oktober yang lalu dengan dibekali berbagai peralatan baik teknis seperti APD, voltage detector, material instalasi, handy talkie, dan peralatan nonteknis seperti sleeping bag, ransum, masker dan tenda.

"Saya pantau terus waktu demi waktu aktivitas para relawan selama di Palu. Mereka juga aktif memberikan laporan secara berkala kepada manajemen. Saya sungguh salut dengan semangat mereka. Semoga apa yang telah dikerjakan rekan-rekan relawan di Palu dapat memberikan manfaat bagi masyarakat," tutup Mukhlis.

Baca juga: PLN Batam Kirim 12 Relawan Pulihkan Listrik di Palu dan Donggala

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com