Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasca-kecelakaan yang Tewaskan 1 Orang, Truk Pindad Diamankan di Sub Denpom

Kompas.com - 16/10/2018, 12:15 WIB
M Agus Fauzul Hakim,
Farid Assifa

Tim Redaksi

KEDIRI, KOMPAS.com - Proses evakuasi kecelakaan lalu lintas yang melibatkan truk pengangkut amunisi milik PT Pindad dengan mobil pikap sudah usai. Sementara waktu, truk pengangkut amunisi diamankan di Markas Sub Denpom Kota Kediri.

Sebelumnya, arus lalu lintas yang menghubungkan Kediri-Blitar sempat tersendat akibat kecelakaan tersebut.

Kecelakaan ini melibatkan sebuah truk pengangkut amunisi milik PT Pindad dengan mobil pikap pengangkut bebek di Desa Blabak, Kecamatan Kandat Kabupaten Kediri, Jawa Timur, Selasa (16/10/2018) pagi.

Untuk mengurai penumpukan kendaraan yang memang sedang padat karena aktivitas pagi itu, polisi memberlakukan buka tutup selama evakuasi berlangsung.

Evakuasi juga sempat lama karena kondisi korban dari pengemudi dan penumpang pikap yang terjepit bodi kendaraan ringsek.

"Jalur tidak sampai tutup total, diberlakukan buka tutup," ujar Bripka Sugianto, kepala Seksi Humas Polsek Kandat, Selasa.

Baca juga: Kecelakaan Truk Pindad vs Pick Up, 1 Tewas dan 2 Luka

Terhadap para korban luka, kata Sugianto, sudah mendapat perawatan di RS Gambiran II Kediri dan korban tewas dibawa ke Klinik Jimbun yang ada di dekat lokasi kejadian.

Untuk kendaraan yang terlibat, pikap nomor polisi AG 8610 GE diamanakan di kantor polisi, sedangkan truk nopol 9116*III pengangkut amunisi milik Pindad kini diamankan di Sub Denpom yang ada di Kota Kediri.

Iring-iringan kendaraan truk lainnya melanjutkan perjalanan ke Caruban. Kendaraan PT Pindad itu sebelumnya berangkat dari Malang menuju Caruban.

"Total kerugian materil mencapai Rp 10 juta," ujar Sugianto.

Sebelumnya diberitakan, peristiwa yang terjadi sekitar pukul 04.10 WIB itu menyebabkan satu orang tewas, satu luka berat, dan satu lainnya luka ringan.

Korban tewas dan luka berat berasal dari pikap, yakni sopir Yasmuin (56), warga Jombang dan kernet Rifai (35), warga Kediri. Sedangkan korban luka ringan adalah Suhermanto (49), warga Malang selaku sopir truk PT Pindad.

Kronologi peristiwa

Kronologi peristiwa itu bermula saat beberapa kendaraan truk pengangkut amunisi tengah melintas dari arah selatan ke utara. Tepat di lokasi kejadian, sebuah mobil pikap nopol AG 8610 GE datang dari depan atau dari utara ke selatan.

Pikap tersebut tiba-tiba selip ke kiri lalu oleng ke kanan karena diduga sopir mengantuk. Saat oleng ke kanan itu, pikap memakan jalan dan menabrak salah satu dari iringan truk, yaitu truk nopol 9116 * III.

Baca juga: Truk Fuso Tabrak Pengendara Motor di Riau, Seorang Petani Tewas

Benturan yang cukup keras tersebut menyebabkan pikap yang biasa dipakai mengangkut bebek tersebut rusak parah. Bahkan sopir dan kernet pikap sempat terjepit bodi kendaraan yang ringsek.

Sedangkan truk pengangkut amunisi hanya mengalami sedikit ringsek pada bagian depan kanan dan kaca depan pecah. Pengemudinya luka karena serpihan kaca.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com