Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meluas, Banjir Rendam Delapan Kecamatan di Aceh Singkil

Kompas.com - 14/10/2018, 13:22 WIB
Masriadi ,
Inggried Dwi Wedhaswary

Tim Redaksi

ACEH SINGKIL, KOMPAS.com – Hujan deras dan angin kencang yang terjadi dalam dua hari terakhir mengakibatkan banjir semakin meluas di Kabupaten Aceh Singkil.

Pada Jumat (12/10/2018), banjir merendam enam kecamatan. Pada hari ini, Minggu (14/10/20180), banjir meluas hingga ke delapan kecamatan.

Kedelapan kecamatan itu yakni Kecamatan Suro, Singkohor, Kota Baharu, Simpang Kanan, Gunung Meriah, Singkil Utara, Danau Paris, dan Kecamatan Singkil, Kabupaten Aceh Singkil.

“Saat ini, kondisi banjir terparah itu di Kecamatan Singkil. Air dari kecamatan lainnya mulai bergeser ke Singkil,” kata petugas Pusdalops BPBD Kabupaten Aceh Singkil, Rosiana Kusuma Wardani.

Dia menjelaskan, pada Minggu siang, banjir juga memenuhi badan jalan lintas Kecamatan Singkil ke Kecamatan Rimo, tepatnya di Desa Ujong Bawang.

“Khusus di Desa Ujung Bawang, kami imbau pengendara berhati-hati. Memang masih bisa dilalui kendaraan, namun banjir sudah menutupi badan jalan. Harap tetap siaga,” kata Rosi.

Rosi menyebutkan, banjir juga merendam ratusan rumah, sekolah dan fasilitas umum lainnya.

Saat ini, tim terpadu dari berbagai instansi masih berada di lokasi banjir untuk memantau perkembangan.

“Jika memang dibutuhkan evakuasi, maka segera kami evakuasi warga. Namun, di Singkil ini perlu saya jelaskan, sebagian rumah itu bentuknya rumah panggung sehingga korban banjir masih bertahan di rumah,” kata Rosi.

Sebelumnya diberitakan, banjir dan longsor mengakibatkan ratusan rumah terendam, tiga titik jalan utama juga lumpuh total.

Kawasan terendam banjir ini menjadi daerah yang rutin terkena banjir jika memasuki musim penghujan.

.

.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com