Relawan Jokowi Jatim Siapkan Tokoh Muda untuk Gaet "Swing Voters" - Kompas.com

Relawan Jokowi Jatim Siapkan Tokoh Muda untuk Gaet "Swing Voters"

Kompas.com - 13/10/2018, 20:55 WIB
Ketua Relawan Jokowi (Rejo) Jawa Timur, Kelana Aprilianto (kiri).KOMPAS.com / Hamzah Ketua Relawan Jokowi (Rejo) Jawa Timur, Kelana Aprilianto (kiri).

GRESIK, KOMPAS.com – Relawan Jokowi (Rejo) Jawa Timur, bakal menyiapkan tokoh-tokoh muda daerah untuk meraih simpati dan mendapatkan suara para pemilih mengambang atau “swing voters.”

Relawan ini bakal mendukung pasangan nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin pada Pemilu Presiden 2019.

Ketua Rejo Jawa Timur Kelana Aprilianto mengatakan, pihaknya lebih memilih menggaet tokoh muda potensial daerah yang dikenal oleh masyarakat sekitar, ketimbang harus ‘menerjunkan’ tokoh nasional.

“Rejo bakal berusaha merekrut dari swing voters, karena Partai (Parpol) kan sudah memiliki struktur yang kuat, tapi di luar itu kan masih banyak suara anak-anak muda. Kita akan coba mengimbangi karena di sana (pasangan nomor urut dua) ada Sandiaga Uno,” tutur Kelana, selepas acara pengukuhan DPC Rejo Gresik, Sabtu (13/10/2018).

“Tokoh-tokoh muda daerah saja, tidak perlu tokoh Nasional. Karena itu akan lebih mudah dikenal oleh masyarakat,” lanjut dia.

Ia juga menyatakan, terbentuknya Rejo di Jawa Timur atas rekomendasi langsung dari Jokowi. Harapannya, kata Kelana, bisa mendulang suara di luar yang didapatkan oleh Parpol.

“Ini keinginan dari Pak Jokowi sendiri. Sebab Partai (Parpol) sendiri kan banyak kepentingan, pencalegan lah, dan lain sebagainya. Bisa saja (Parpol) punya misi bagaimana memperbanyak suara partainya, suara kursinya. Tapi kalau relawan ini, murni hanya ingin memenangkan Pak Jokowi dan Kyai Ma’ruf Amin tanpa ada tendensi lain,” terangnya.

Dalam agenda yang sudah disiapkan, Rejo bakal mendeklarasikan diri di 38 Kota/Kabupaten yang ada di Jawa Timur. Agenda deklarasi, bakal coba diupayakan tuntas pada akhir tahun 2018.

Setelah itu, setiap Rejo yang ada di masing-masing Kota/Kabupaten di Jawa Timur diberikan tugas untuk dapat meraih simpati masyarakat, guna memilih pasangan Jokowi-Ma’ruf.

Termasuk mengedukasi masyarakat, khususnya di Jawa Timur, mengenai berita maupun informasi yang benar dan mana yang hoaks.



Close Ads X