Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjir dan Longsor, 3 Jalan Utama Terputus di Aceh Singkil

Kompas.com - 13/10/2018, 14:46 WIB
Masriadi ,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

ACEH SINGKIL, KOMPAS.com –Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Singkil, melansir hingga Sabtu (13/10/2018) siang, dampak banjir dan tanah longsor di kabupaten itu mengakibatkan sejumlah jalan lintas utama terputus.

Petugas Piket Pusdalops BPBD Kabupaten Aceh Singkil, Rosiana Kusuma Wardani menyebutkan longsor menutup ruas jalan yang menghubungkan Kecamatan Danau Paris, Kabupaten Aceh Singkil ke Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara.

Titik lokasi longsor berada di Desa Situbuh-tubuh, Kecamatan Danau Paris. Di lokasi itu pula, satu unit rumah penduduk hancur tertimbun longsor.

Selain itu, jalan penghubung antara Desa Lae Sipola, Kecamatan Singkohor, Aceh Singkil, menuju Kota Subulussalam, Provinsi Aceh juga retak. Sehingga tak bisa dilalui oleh kendaraan berat.

Baca juga: Mengenal Robin, Si Penyelamat di Tengah Banjir…

Jalan lintas di Desa Butar menuju Desa Trans 26, di Kecamatan Kuta Baharu, Aceh Singkil, dilaporkan terputus.

Saat ini, tim Muspida, Muspika, TNI/Polri dan camat berada di lokasi untuk membersihkan longsor di badan jalan.

"Satu unit ekskavator telah dikerahkan dari dinas Bapedalda juga turun ke lokasi untuk membersihkan puing-puing kayu yang menutup badan jalan,” sebut Rosi dihubungi per aplikasi WhastApp.

Longsor itu berupa tanah dari pengunungan yang jatuh ke badan jalan. Sehingga tak bisa dilalui warga.

Baca juga: Hujan Deras Penyebab Kota Medan Banjir? Ini Komentar Wali Kota Medan dan Gubernur Sumut

Sementara itu, Pelaksana Tugas Gubernur Aceh Nova Iriansyah menyebutkan dirinya telah mengintruksikan dua dinas, yaitu Dinas Sosial Aceh serta Badan Penanggulangan Bencana Aceh turun ke Aceh Singkil.

“BPBD Aceh sudah berada di lokasi kejadian. Kita merespon cepat bencana banjir dan longsor di Aceh Singkil. Hari ini, bantuan dari Dinas Sosial juga sedang dibawa ke Aceh Singkil,” pungkasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, sejak kemarin hingga hari ini, ribuan rumah dan kantor pemerintah terendam banjir.

Tercatat tujuh kecamatan terendam banjir diantaranya, Kecamatan Suro, Singkohor, Kota Baharu, Simpang Kanan, Gunung Meriah, Singkil Utara dan Kecamatan Danau Paris, Aceh Singkil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com