Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertama Kalinya Bandung Zoo Lepasliarkan Merak Hijau...

Kompas.com - 13/10/2018, 13:33 WIB
Agie Permadi,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Ada yang tak biasa di Kebun Binatang Bandung atau Bandung Zoo, Lima merak hijau (pavo muticus) asal pulau Jawa berkeliaran bebas di luar kandang.

Lima ekor merak itu terdiri dari empat betina dan satu jantan.

"Liat ada merak keluar dari kandang," ujar seorang pengunjung sambil menunjuk salah satu ekor merak betina yang tengah berjalan di sekitar kandang.

Gadis itu pun kemudian mengeluarkan ponselnya dan memotret merak tersebut. "Kenapa ya di luar kandang," tanyanya.

Pelepasliaran satwa burung merak ini pertama kalinya dilakukan Bandung Zoo, hal tersebut dilakukan agar pengunjung dapat berinteraksi langsung dengan salah satu satwa dilindungi di Bandung Zoo.

Baca juga: Kelahiran Dua Ekor Bayi Binturong Menambah Koleksi Bandung Zoo

"Ini sesuatu yang baru bagi Bandung zoo, bagaimana pengunjung bisa berinteraksi langsung dengan merak tapi dengan kondisi tertentu, dan jangan diganggu," kata juru bicara Bandung Zoo Sulhan di Bandung Zoo, Kota Bandung, Sabtu (13/10/2018).

Dengan begitu, lanjutnya, pengunjung bisa menikmati satwa secara langsung tanpa ada batas atau jarak. Pelepas liaran merak ini sudah berlangsung empat hari hingga saat ini.

Kedepan Sulhan berharap pelepasliaran merak ini bertambah tidak hanya lima ekor saja melainkan jumlahnya bertambah.

"Merak ini memang junlahnya cukup banyak di Bandung Zoo, kita berharap jumlah satwa akan ditambah tapi satwa yang tidak membahayakan pengunjung tentunya," harapnya.

Baca juga: Bandung Zoo Prediksi Pengunjung di Liburan Lebaran 2018 Capai 120.000 Orang

Sebagai sosialisasi terhadap para pengunjung, pihak Bandung Zoo juga akan membuat sebuah papan himbauan yang memberitahukan pengunjung untuk tidak mengganggu merak.

Sementara itu Keeper Bandung Zoo, Gigin (19) menjelaskan bahwa merak hijau ini termasuk dalam burung yang dilindungi. Sebelum dilepasliarkan, lima merak ini diberikan pelatihan selama kurang lebih 1-2 bulan di area Bandung Zoo.

"Proses pelatihan ini dilakukan agar membiasakan merak ketika di luar kandang, juga memberikan pelatihan merak waktu makan mereka dengan kode peluit, mereka tahu ketika kami membunyikan peluit itu tandanya makan," jelasnya.

Dikatakan, merak ini seperti ayam, mereka pun bisa digiring untuk kemudian dikumpulkan dan diberi pakan khusus yang sudah disediakan.

Baca juga: Libur Lebaran, Bandung Zoo Sudah Renovasi Kandang dan Tambah Fasilitas

Adapun pakan diberikan ketika waktu pagi atau sekira pukul 8.30 wib. Pada pagi hari merak makan gabah, kacang hijau, sayuran, dan pepaya. Sedang sore sekira pukul 16.00 wib, merak diberi pakan ulat hongkong saja.

Lima merak hijau yang dilepasliarkan ini rata-rata sudah berusia dewasa produktif atau berusia diatas satu tahun lebih. "Karena kalau yang masih kecil masih rawan predator," jelasnya.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com