Perbaikan Jalan Lintas Riau-Sumut Bikin Macet Sepanjang 15 Kilometer

Kompas.com - 13/10/2018, 09:30 WIB
Antrian panjang kendaraan di jalan lintas Riau-Sumatera Utara di Sam Sam, Kecamatan Pinggir, Bengkalis, Riau, Jumat (12/10/2018). Petugas kepolisian lalu lintas Polres Bengkalis berupaya melancarkan arus. KOMPAS.com/IDON TANJUNGAntrian panjang kendaraan di jalan lintas Riau-Sumatera Utara di Sam Sam, Kecamatan Pinggir, Bengkalis, Riau, Jumat (12/10/2018). Petugas kepolisian lalu lintas Polres Bengkalis berupaya melancarkan arus.

PEKANBARU, KOMPAS.com - Perbaikan jalan lintas Riau-Sumatera Utara, tepatnya di wilayah Sam Sam, Kecamatan Pinggir, Kabupaten Bengkalis, mengakibatkan macet parah, Jumat (12/10/2018). Hingga Sabtu (12/10/2018) malam, antrian kendaraan mencapai 15 kilometer.

Direktur Lalu Lintas Polda Riau Komisaris Besar Rudy Syarifudin menyampaikan, upaya mengurai kemacetan sudah dilakukan oleh Polres Bengkalis, Polsek Pinggir dan Polsek Kandis.

"Kemacetan disebabkan karena ada semenisasi jalan. Saat ini jajaran Polres Bengkalis masih bertugas di lokasi mengamankan arus lalu lintas," ucap Rudi pada wartawan, Jumat.

Dia menjelaskan, saat ini antrian kendaraan terpantau masih padat arah Bengkalis- Pekanbaru sekitar 15 kilometer. Sementara dari arah Pekanbaru-Duri, kemacetan sekitar 10 kilometer.


Baca juga: Demo Mahasiswa di Pekanbaru, Polisi Selidiki Dugaan Pelecehan 7 Polwan

"Faktor lain penyebab terjadinya penumpukan kendaraan, karena banyak pengemudi yang menerobos antrian. Sehingga, upaya yang kita lakukan adalah menilang pengendara," kata Rudi.

Petugas selain mengurai kemacetan, tambah dia, sejumlah personel juga ditempatkan di tempat-tempat tertentu untuk menjaga situasi kamtibmas.

Lebih lanjut, Rudi menyampaikan, untuk mengurangi tingkat kemacetan ini, beberapa jalur alternatif sudah dipersiapkan.

"Jalur alternatif yang kita siapkan dari arah Kota Pekanbaru menuju Duri adalah Simpang Libo Baru-Pasar Minggu Kandis Siak. Selain itu, jalur alternatif juga tersedia di Simpang Lobo Baru-Simpang Pipa serta Simpang Libo Baru-Simpang Anggur Kecamatan Pinggir," ujar Rudi.

Baca juga: Ditolak di Pekanbaru hingga Akhirnya Kembali ke Jakarta, Ini Cerita Neno Warisman

Sementara dari arah Duri ke Pekanbaru, sambung dia, jalur alternatif melalui Simpang Anggur menuju PT GAS-Simpang Pipa atau Simpang Libo Baru. 

"Anggota saat mengarahkan pengendara melewati jalur alternatif. Untuk sistem buka tutup jalur lintas masih kita lakukan," kata Rudi.

Dia mengimbau, kepada pengendara yang melintas dari arah Pekanbaru-Duri dan sebaliknya, harus menjaga keselamatan dan mematuhi peraturan berlalu lintas, agar tidak terjadi kecelakan.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X