IAIN Jember Siap Tampung Mahasiswa IAIN Palu Korban Gempa - Kompas.com

IAIN Jember Siap Tampung Mahasiswa IAIN Palu Korban Gempa

Kompas.com - 12/10/2018, 21:21 WIB
Relawan dan warga mencari korban gempa dan tsunami yang belum ditemukan di permukiman warga di Wani I, Donggala, Sulawesi Tengah, Selasa (9/10/2018).ANTARA FOTO/WAHYU PUTRO A Relawan dan warga mencari korban gempa dan tsunami yang belum ditemukan di permukiman warga di Wani I, Donggala, Sulawesi Tengah, Selasa (9/10/2018).

JEMBER, KOMPAS.com - Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember, Jawa Timur, menyatakan siap menampung mahasiswa IAIN Palu, Sulawesi Tengah, yang menjadi korban gempa dan tsunami beberapa waktu yang lalu.

"Kami sudah menyampaikan kepada pimpinan IAIN Palu dan Kementerian Agama, bahwa kami sangat terbuka untuk menampung mahasiswa dari IAIN Palu," kata Rektor IAIN Jember, Babun Suharto, Jumat (12/10/2018).

Menurut Babun, ada 200 kuota yang disiapkan IAIN Jember bagi mahasiswa IAIN Palu yang untuk sementara waktu bisa kuliah di Jember.

"Jadi sambil lalu menunggu perbaikan sarana dan prasarana di IAIN Palu, para mahasiswa bisa berkuliah di IAIN Jember, sesuai dengan jurusan masing-masing," tambahnya.

Babun juga mengaku siap menggratiskan untuk biaya tinggal di Jember. "Kami punya Ma'had di dalam kampus, nanti bisa ditempatkan di sana, kami gratiskan biayanya," katanya.

Baca juga: Unimal Siapkan Asrama Gratis untuk Mahasiswa Korban Gempa Palu

Jika nanti proses pembangunan infrastruktur di IAIN Palu telah selesai, maka mahasiswa tersebut bisa kembali ke daerah asalnya.

"Mereka tidak perlu mengulang kembali kuliahnya dari awal, karena sudah ditempuh di IAIN Jember. Misalnya, kalau di sini sampai semester 7, maka kembali ke Palu langsung semester 7," paparnya.

Babun berharap, dengan bantuan kecil yang diberikan IAIN Jember tersebut, akan dapat membantu meringankan beban para korban gempa di Palu dan sekitarnya.

"Ini ikhtiar kami sebagai bentuk kebersamaan dalam membantu dan meringankan beban para korban bencana alam di Palu," tutupnya.

Baca juga: Keluarga Alumni UGM Sediakan Makan Gratis bagi Mahasiswa Korban Gempa Sulteng



Close Ads X