Soekarwo: Pemulihan Bencana di Sumenep Harus Diselesaikan Secepatnya

Kompas.com - 11/10/2018, 11:23 WIB
Gubernur Jawa Timur, Soekarwo, tiba di Sumenep menggunakan helikopter. Dok Pemprov JatimGubernur Jawa Timur, Soekarwo, tiba di Sumenep menggunakan helikopter.

SURABAYA, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Timur Soekarwo sudah berkoordinasi dengan Bupati Sumenep A Busyro Karim soal gempa bumi yang melanda sebagian wilayah di kabupaten ujung timur Madura.

Soekarwo mengaku sudah menawarkan bantuan kepada bupati Sumenep untuk membantu menyelesaikan permasalahan korban gempa di Pulau Sapudi, tepatnya di Kecamatan Gayam, Sumenep.

"Silakan kabupaten (Sumenep), kalau kabupaten tidak bisa nanti dibantu Pemprov Jatim. Kita tawarkan pak bupati tadi dan pak bupati bilang terserah pak gubernur saja katanya," ucap Soekarwo, Kamis (11/10/2018).

Kehadiran TNI dan Polri di Pulau Sapudi, sambung Soekarwo, telah membuat rasa tenang di masyarakat. Pemerintah juga hadir langsung meninjau lokasi dan korban yang terdampak gempa.

Baca juga: Fakta di Balik Gempa Sumenep, Dampak hingga Santunan Korban Meninggal

"Pemerintah hadir di tempat ini dan kemudian menyelesaikan permasalahan di sini (Sumenep) secepat-cepatnya," tutur Soekarwo.

Menurut dia, semua tim sudah dibentuk untuk melakukan perbaikan rumah, evakuasi, dan mengirimkan kenutuhan logistik, serta memberikan santunan kepada korban yang meninggal.

Soekarwo menambahkan, gempa bumi dengan magnitudo 6,4 terasa di seluruh wilayah Jawa Timur dengan wilayah paling terdampak Kabupaten Sumenep.

"Daerah paling parah di Pulau Sapudi, tepatnya di Kecamatan Gayam. Ada 25 rumah terdampak di sana," imbuhnya.

Seperti diberitakan, gempa dengan kekuatan magnitudo 6,4 mengguncang wilayah Jawa Timur dan Bali pada Kamis (11/10/2018) pukul 01.57 WIB.

Baca juga: Soekarwo Berangkat ke Sumenep, Pantau Kondisi Korban Gempa di Pulau Sapudi

BMKG melaporkan episenter gempa terletak pada koordinat 7,47 LS dan 114,43 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 55 km arah timur laut Kota Situbondo, Kabupaten Situbondo, Provinsi Jawa Timur pada kedalaman 12 km.

BMKG memastikan gempa tidak berpotensi tsunami.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X