Wakil Bupati Luwu: Dengan e-Government, Pelayanan ke Masyarakat Makin Cepat

Kompas.com - 11/10/2018, 11:16 WIB
Wakil Bupati Luwu Amru Saher menyatakan Pemkab Luwu siap menjalankan pemerintahan berbasis elektronik (SPBE), Kamis (11/10/2018) KOMPAS.com/AMRAN AMIR Wakil Bupati Luwu Amru Saher menyatakan Pemkab Luwu siap menjalankan pemerintahan berbasis elektronik (SPBE), Kamis (11/10/2018)

LUWU, KOMPAS.com – Pemerintah berencana untuk segera mengeluarkan Peraturan Presiden (Perpres) mengenai Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dalam waktu dekat. Saat ini, aturan tersebut masih dievaluasi di Sekretariat Kabinet (Setkab) RI. 

Bagaimana sikap pemerintah daerah menyikapi hal tersebut? 

Wakil Bupati Luwu Amru Saher saat dikonfirmasi Kompas.com mengatakan pemerintah Kabupaten Luwu siap untuk menjalankan Perpres ini jika kemudian terbit. 

“Karena dengan berbasis teknologi informasi (IT) maka sinkronisasi pelaksanaan pemerintahan akan berjalan dengan baik. Alhamdulillah Pemda Luwu sudah mulai dari perencanaan, keuangan, sistem kepegawaian, perpajakan sudah berbasis elektronik,” kata Amru, Kamis (11/10/2018). 

Baca juga: Penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik di Indonesia Masih Buruk

Dia melanjutkan, dengan sistem berbasis elektronik tersebut pelayanan ke masyarakat akan semakin cepat.

“Saya kira untuk pelayanan ke masyarakat akan semakin cepat karena masyarakat bisa mengakses semua dari mana saja dan kapan saja,” ujarnya.

Hanya saja menurut Amru, penerapan sistem pemerintahan berbasis elektronik memerlukan sosialisasi yang masif.

“Tetap membutuhkan sosialisasi ke semua pemangku kepentingan, mulai proses perencanaan, keuangan, kepegawaian, dan sebagainya harus melibatkan semua OPD,” tuturnya.

E-Government

Sistem pemerintahan berbasis elektronik merupakan wujud reformasi birokrasi, atau sering disebut e-government. Saat ini Kementerian PAN-RB sedang melakukan evaluasi SPBE ini baik untuk instansi pusat dan daerah. 

Baca juga: Perpres e-Government Tinggal Tunggu Tandatangan Jokowi

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X