Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sumur Mirip Kawah Tiba-tiba Muncul di Cilacap, Keluarkan Gas dan Lumpur

Kompas.com - 09/10/2018, 12:02 WIB
Iqbal Fahmi,
Farid Assifa

Tim Redaksi

CILACAP, KOMPAS.com — Sejumlah sumur alam muncul secara misterius di areal lahan milik Perhutani petak 27 masuk Dusun Gayamsari, Desa Rawajaya, Kecamatan Bantarsari, Cilacap, Jawa Tengah.

Sumur berdiameter 50 sentimeter itu menyerupai kawah kecil dan mengeluarkan letupan gas disertai lumpur.

Anggota Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Cilacap, Puguh Supono, ketika meninjau lokasi, menuturkan, sumur tersebut mulai muncul secara misterius sekitar 10 hari yang lalu. Saat mencoba diukur menggunakan batang bambu, dasar sumur diperkirakan lebih dari 3 meter.

“Berdasarkan informasi warga ada tiga titik (sumur), tapi saya belum menyurvei dua titik lainnya karena lokasinya terpencar-pencar,” katanya dihubungi dari Purwokerto, Selasa (9/10/2018).

Puguh menjelaskan, dari dalam sumur tersebut keluar gas yang menyala ketika coba disulut dengan api. Meski demikian, tidak tercium bau menyengat. Sementara lumpur yang keluar dari perut sumur berwarna kelabu dan terasa hangat.

“Bentuknya seperti kawah, posisi lahan memang sedang kering karena kemarau,” ujarnya.

Baca juga: Tanggul Lumpur Lapindo Ambles 5 Meter, Warga Was-was

Dari data yang dihimpun pihaknya, diketahui bahwa lahan Perhutani tersebut dulunya merupakan rawa-rawa. Namun, saat ini lahan tersebut telah beralih fungsi menjadi areal persawahan yang dikelola oleh warga.

“Titik sumur lumayan jauh dari permukiman warga, sekitar 2 kilometer,” tuturnya.

Sementara warga yang penasaran dengan fenomena tersebut datang silih berganti ke lokasi. Pemerintah desa berinisiatif melakukan pengamanan sementara menggunakan pagar dari tali plastik.

Baca juga: Halaman Depan Warung Kopi Tiba-tiba Ambles dan Gerus 3 Motor

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com