Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gerindra Yakin Jawa Barat Jadi Lumbung Suara untuk Prabowo-Sandiaga

Kompas.com - 08/10/2018, 19:09 WIB
Caroline Damanik

Editor

Sumber Antara

SUKABUMI, KOMPAS.com - Partai Gerindra meyakini Jawa Barat sebagai salah satu daerah di Indonesia yang akan menjadi lumbung suara bagi pasangan calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto-Sandiaga Uno pada Pemilihan Presiden 2019.

"Seperti 2014 lalu, kami (Prabowo-Hatta) saat itu menang telak di Jabar, bahkan pada 2019 kami yakin suaranya akan lebih banyak lagi," kata Ketua DPP Partai Gerindra Heri Gunawan di Sukabumi, Senin (8/10/2018).

Baca juga: Prabowo: Mungkin Ini yang Terakhir untuk Indonesia...

Menurut dia, suara signifikan akan didapat pasangan nomor urut 02 ini karena juga melihat hasil Pemilihan Gubernur 2018 lalu yang saat itu Gerindra mengusung Sudrajat-Akhmad Syaikhu.

Walaupun mengalami kekalahan, ternyata suaranya jauh dari prediksi bahkan menjadi peraih suara terbanyak kedua setelah Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum.

Namun demikian, pihaknya tidak akan besar kepala terlebih dahulu tapi tetap optimis. Apalagi kondisi pemilih di Jabar dinamis tergantung dari calon legislatif dan kader partai bersama koalisinya dalam memperjuangan Prabowo-Sandi dalam kancah Pilpres pada tahun depan.

Baca juga: Prabowo: Jangan Sebar Ujaran Kebencian...

Selain itu, untuk memantapkan agar suara yang bisa diraih signifikan, pihaknya juga sudah melakukan berbagai progam dan strategi khususnya dalam mensolidkan seluruh kader dan caleg.

"Kami tidak ada strategi khusus yang terpenting bagaimana kader dan caleg bisa memenangkan pileg dan Prabowo-Sandi di Pilpres, tentunya untuk meraih kemenangan itu memang tidak mudah sehingga seluruh jajaran harus konsisten dan tetap istikomah," tambahnya.

Baca juga: Jokowi Terima Gelar Tuanku Seri Indra Utama Junjungan Negeri, Apa Maknanya?

Di sisi lain, Heri yang juga anggota Komisi XI DPR RI mengatakan untuk di Jabar pihaknya menargetkan minimalnya satu daerah pemilihan (dapil) dapat satu kursi atau totalnya 11 kursi.

Sementara khusus untuk Kabupaten Sukabumi ditargetkan meraih sembilan kursi dan Kota Sukabumi enam kursi. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com