Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sambangi Pesantren Tebuireng, Polda Jatim Minta Dukungan Keamanan Pilpres 2019

Kompas.com - 07/10/2018, 16:50 WIB
Moh. SyafiĆ­,
Kurnia Sari Aziza

Tim Redaksi

JOMBANG, KOMPAS.com - Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Luki Hermawan mengatakan, seluruh kabupaten/kota di Jawa Timur memiliki tingkat kerawanan sama terkait pelaksanaan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

Menurut Kapolda Jatim, hajatan Pilpres 2019 yang bersamaan dengan Pemilihan Legislatif (Pileg) mewajibkan kepolisian bersiaga di seluruh daerah.

"Secara keseluruhan, semuanya kami prioritaskan. Karena (Pilpres 2019) yang ini berbeda dengan sebelum-sebelumnya, karena bersamaan dengan Pileg, jadi kami pukul rata sama," ujar Luki, di Pesantren Tebuireng Jombang, Minggu (7/10/2018).

Baca juga: Pembukaan Asian Para Games, 1.300 Anggota Satpol PP Bantu Pengamanan

Ia mengatakan, pihaknya terus berkoordinasi dengan TNI untuk pengamanan Pilpres 2019. Selain pengamanan di lapangan, pihaknya juga melakukan pengamanan di dunia maya guna menangkal peredaran konten hoaks dan ujaran kebencian.

Langkah itu, lanjut dia, sudah dilaksanakan sejak jauh hari hingga tahapan Pemilu 2019 selesai.

Kapolda Jatim, Irjen Pol Luki Hermawan, didampingi pengasuh Pesantren Tebuireng Jombang, KH. Salahuddin Wahid dan para pengasuh Pesantren Tebuireng Jombang, berziarah di makam pendiri NU, KH. Hasyim Asyari dan KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Minggu (7/10/2018).KOMPAS.com/Moh. Syafii Kapolda Jatim, Irjen Pol Luki Hermawan, didampingi pengasuh Pesantren Tebuireng Jombang, KH. Salahuddin Wahid dan para pengasuh Pesantren Tebuireng Jombang, berziarah di makam pendiri NU, KH. Hasyim Asyari dan KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Minggu (7/10/2018).

Berharap dukungan

Pada kesempatan itu, Luki dan jajarannya berziarah ke makam pendiri Nahdlatul Ulama KH Hasyim Asy'ari dan Presiden ke-4 RI KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur di Pesantren Tebuireng Jombang.

Sebelum berziarah, ia menggelar pertemuan tertutup dengan KH Salahuddin Wahid dan jajaran pengasuh Pesantren Tebuireng.

Baca juga: Maruf Amin Tak Lupakan Almamaternya Sebagai Santri Tebuireng

Dalam keterangannya, Luki berharap pesantren mendukung kepolisian menjaga keamanan wilayah dan Pilpres 2019. 

"(Agar) dalam menjalankan tugas-tugas di Jawa Timur, dalam menghadapi tahun politik ini kami bisa mendapatkan dukungan dari para kiai dan ulama, agar kami lebih mudah menjaga keamanan," ujarnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com