Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara "Tukang Cukur" di Yogyakarta Berdonasi untuk Korban Gempa Sulteng

Kompas.com - 06/10/2018, 12:36 WIB
Markus Yuwono,
Krisiandi

Tim Redaksi

YOGYAKARTA,KOMPAS.com - Puluhan tukang potong rambut di Gunungkidul, Yogyakarta, ikut berdonasi bagi korban gempa Sulawesi Tengah. Para penjual jasa pangkas rambut ini membiarkan konsumen membayar seikhlasnya.

Lalu, seluruh uang yang terkumpul disumbangkan untuk para korban bencana di Sulteng

Dengan menggunakan alat pengeras, anggota paguyuban Seniman Rambut Gunungkidul (Semar Gundul) mengajak warga untuk memotong rambut di kompleks pertokoan sekitar bunderan Siono, Playen.

Anggota Semar Gundul, Purhandayani mengatakan ada 50-an anggota paguyuban Semar Gundul ikut berpartisipasi dalam kegiatan hari ini.

"Potong rambut hari ini seluruh hasilnya didonasikan korban gempa di Palu Sulawesi Tengah. Kami tidak mematok harga, bayar seikhlasnya, " kata Purhandayani di lokasi Sabtu, (6/20/2018).

Dia mengatakan seluruh anggota paguyuban akan bergantian memotong rambut warga sampai pukul 22.00 WIB. "Ini bentuk komitmen kami membantu saudara kita yang terkena musibah,"ucapnya.

Baca juga: Relawan Jateng Bertolak ke Palu, Bakal Bangun 100 Hunian Sementara

Anggota lainnya, Rubikan mengatakan sejak pagi antusiasme masyarakat cukup tinggi. Sudah ada puluhan orang hadir. Pihaknya menyediakan 10 meja potong sehingga pengunjung tidak perlu antre.

"Sejak pagi banyak yang datang, paling malam lebih banyak," kata pemilik potong rambut tradisional 'Romeo' di Gading ini

Salah seorang warga yang ikut berpartisipasi, Dono mengaku memang sudah merencanakan potong rambut sejak beberapa hari lalu. "Mumpung hari ini ada acara ini, sekalian potong,"katanya. 

Kompas TV Dalam video, dapat dilihat dengan jelas bagaimana pemukiman warga diseret oleh lumpur akibat likuifaksi.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com