Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diberi Sepeda, Joni si Pemanjat Tiang Bendera:Terima Kasih Pak Jokowi

Kompas.com - 05/10/2018, 23:29 WIB
Sigiranus Marutho Bere,
Reni Susanti

Tim Redaksi

ATAMBUA, KOMPAS.com - Yohanes Ande Kala Marcal alias Joni (13), bocah pemanjat tiang bendera, saat perayaan HUT RI ke - 73 lalu, menerima hadiah sepeda dari Menteri Pariwisata Arief Yahya.

Pemberian hadiah satu unit sepeda itu, diberikan langsung Arief kepada Joni, dalam acara Festival Croos Border di Lapangan Simpang Lima Atambua, Jumat (5/10/2018) malam.

Selain sepeda, Joni juga mendapat hadiah tas, uang, dan bingkisan lainnya. Pemberian hadiah itu disaksikan Bupati Belu Willybrodus Lay dan sejumlah pejabat dari Provinsi NTT dan Kabupaten Belu.

"Terima kasih kepada Joni yang telah menjadi anak yang baik dan memiliki sifat nasionalisme yang sangat tinggi. Sikap kamu ini telah membanggakan Atambua dan Kabupaten Belu," ucap Arief disambut tepuk tangan meriah dari ribuan warga yang memadati lapangan tersebut.

Baca juga: Rumah Baru untuk Joni Si Pemanjat Tiang Bendera Mulai Dibangun

Menurut Arief, dia sempat berniat untuk bertemu dengan Joni di rumahnya Joni di Desa Silawan, Kamis (4/10/2018). Namun saat itu Joni sedang bersekolah.

"Sekali lagi kami berterima kasih padamu Joni, semoga kamu bisa gunakan sepeda ini dengan baik," ucapnya.

Dalam kesempatan itu, Arief menanyakan kepada Joni ingin meminta apa lagi kepada Presiden Joko Widodo.

"Saya hanya ingin ucapkan terima kasih untuk Bapak Presiden Jokowi," kata Joni singkat.

Sebelumnya diberitakan, Joni memanjat tiang bendera pada saat upacara HUT RI ke-73 di Pantai Motaain, Desa Silawan, Kecamatan Tasifeto Timur, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur (NTT), pada perayaan HUT RI ke-73 lalu.

Baca juga: Tiba di Atambua, Joni Si Pemanjat Tiang Bendera Diarak Keliling Kota

Joni merupakan pelajar kelas 1 SMP Negeri Silawan. Dia memanjat tiang bendera itu setelah tali yang akan digunakan untuk mengikat bendera terlepas dan tersangkut di ujung tiang bendera.

Sementara Wakil Bupati Belu JT Ose Luan mengatakan, atas aksi heroiknya, Yohanes dipanggil untuk berdiri di atas podium.

"Saya bangga dengan perjuangan dia (Yohanes) memanjat tiang bendera. Saya katakan ke dia bahwa perjuangan para pahlawan dulu untuk memperjuangan negara ini begitu besar," tuturnya.

Luan pun mengapresiasi tindakan Yohanes dan berencana akan memberikan hadiah untuk Yohanes.

"Anak ini bagi saya adalah pahlawan kita hari ini, karena telah menyelamatkan keadaan," ucap Luan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com