Waspada, Gunung Sangeang Api Keluarkan Asap Setinggi 300 Meter - Kompas.com

Waspada, Gunung Sangeang Api Keluarkan Asap Setinggi 300 Meter

Kompas.com - 05/10/2018, 17:50 WIB
KOMPAS.Com/dok. Pos Pengamatan Gunung SangeangApiKOMPAS.com/Syarifudin KOMPAS.Com/dok. Pos Pengamatan Gunung SangeangApi

BIMA, KOMPAS.com- Gunung Sangeang Api di Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB), mengeluarkan asap dengan intensitas tipis.

Ketua Pos Pengamatan Gunung Sangeang Api Hadi Purwoko menjelaskan, aktivitas gunung api di Kecamatan Wera itu diamati pada Kamis (04/10/2018) menghembuskan asap hingga mencapai 300 meter di atas puncak.

“Dari kemarin aktivitas gunung Sangeang Api teramati jelas. Asap kawah berwarna putih dengan intensitas tipis setinggi 50-300 meter di atas puncak. Angin tertiup lemah hingga kencang ke arah barat,” kata Hadi, Jumat (05/10/2018).

Dia menerangkan, status Gunung Sangeang Api saat ini berada pada level II atau waspada.

Pos pengamatan Sangeang Api Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mengeluarkan rekomendasi agar masyarakat dan wisatawan tidak diperbolehkan mendekati dan beraktivitas dalam radius 1,5 kilometer dari pusat aktivitas gunung.

Tidak hanya itu, warga di sekitar Gunung Sangeang Api dan wisatawan agar mewaspadai bahaya aliran piroklastik. Selain itu, tidak diperbolehkan mendekati dan beraktivitas di daerah di antara lembah Sori Wala dan Sori Mantau hingga mencapai pantai, serta lembah Sori Boro dan Sori Oi.

“Masyarakat juga tidak diperbolehkan mendekati dan beraktivitas pada semua lembah sungai yang berhulu di pusat aktivitas puncak gunung. Hal ini untuk menghindari potensi ancaman bahaya aliran lahar yang mungkin terjadi pada saat hujan,”ujar Hadi.



Close Ads X