Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polda Sulsel Selidiki Kabar Hoaks soal 84 Anak Korban Bencana Sulteng Siap Diadopsi

Kompas.com - 05/10/2018, 13:41 WIB
Hendra Cipto,
Farid Assifa

Tim Redaksi

MAKASSAR, KOMPAS.com – Beredar luas, pesan berantai yang menyebutkan bahwa 84 anak korban bencana Sulawesi Tengah (Sulteng) yang ditampung di Yayasan Akar Panrita Mamminasata dan RSUD Daya siap diadopsi.

Kabar ini juga beredar luas di media sosial. Kabar itu berbunyi, “Bantu share dari grup sebelah. Siapa tau ada yang keluarga ta yang mengadopsi anak dari Palu, ada 100 lebih anak bayi di tempat penampungan di Antang. Korban gempa Palu yang sudah tidak ada orang tuanya”.

Manajemen RSUD Makassar langsung mengklarifikasi kabar tersebut dan mengunggahnya di media sosial tertanggal 4 Oktober 2018.

Dalam postingan klarifikasi itu, akun RSUD Makassar menyebutkan bahwa kabar itu adalah hoaks. Berikut isi klarifikasi tersebut.

Kami ucapkan terima kasih kepada semua yang telah memberikan bantuan bagi para korban dan keluarga korban bencana Palu, Donggala dan Sigi yang dirawat di RSUD Kota Makassar. Perlu kami sampaikan mengenai beredarnya informasi yang mengatakan bahwa banyak anak-anak korban bencana yang dirawat di RSUD Kota Makassar (RS Daya) yang mau diadopsi itu adalah informasi yang tidak benar.

Baca juga: Seorang Wanita Ditangkap, Diduga Sebar Hoaks Gempa dan Tsunami di Sumbawa

Kami sampaikan kepada siapa saja untuk tidak memberikan informasi yang tidak benar berkaitan dengan korban yang ada di RSUD Kota makassar.

Dapatkan informasi yang benar mengenai penanganan korban di RSUD Kota Makassar melalui Media Center yang kami tempatkan di depan UGD RSUD Kota Makassar,Tks.

Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Polisi Dicky Sondani yang dikonfirmasi terkait kabar banyak anak korban bencana Sulteng siap diadopsi, mengatakan, pihaknya masih melakukan penyelidikan.

“Bareskrim Mabes Polri bersama Polda Sulsel masih melakukan penyelidikan terkait berita-berita hoaks terkait bencana di Sulawesi. Termasuk juga dengan berita hoaks tentang banyaknya anak korban bencana Sulteng yang siap diadopsi masih ditelusuri,” katanya.

Baca juga: Perang Melawan Hoaks, Ratna Sarumpaet Tersangka, hingga Polisi Tangkap 8 Pelaku

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com