Kelompok Pemuda Bantu Korban Gempa dengan Kumpulkan Kertas Revisian Skripsi

Kompas.com - 05/10/2018, 11:05 WIB
Donasi Revisi galang bantuan untuk Palu dan Donggala dengan mengumpulkan kertas bekas. Instagram/ @donasirevisiDonasi Revisi galang bantuan untuk Palu dan Donggala dengan mengumpulkan kertas bekas.

KOMPAS.com - Sekelompok pemuda alumni Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) melakukan penggalangan dana untuk korban bencana di Palu dan Donggala dengan mengumpulkan kertas bekas.

Program ini bernama " Donasi Revisi" yang menerima berbagai macam sumbangan kertas bekas, seperti kertas HVS, kertas buram, atau kertas koran.

Berdasarkan keterangan yang diberikan oleh salah satu anggota Donasi Revisi, Baiq Rita Astari, ide ini awalnya muncul saat melihat banyak kertas revisi skripsi tertumpuk di kost miliknya dan teman-temannya.

Proses penyusunan tugas akhir dalam perkuliahan memang terkenal menghasilkan banyak kertas bekas karena proses revisi atau perbaikan karya.

"Dari situ mulai kepikiran buat manfaatin kertas itu bagaimana caranya. Muncullah ide buat ngumpulin kertas dari teman-teman kampus UMY dan kampus di Yogya lainnya," kata Baiq melalui pesan WhatsApp, Kamis (4/10/2018).

Baca juga: Bantu Donggala dan Palu dengan Donasi Rendang dan Selat Solo

Kertas yang terkumpul nantinya akan dijual ke pengepul dengan harga yang berbeda-beda.

"Untuk harga relatif ya, tergantung pengepulnya. Biasanya mulai dari Rp 1.500- Rp 3.000 per kilogram," ujar Baiq.

Dari semua jenis kertas yang ditampung, kertas HVS memiliki harga jual tertinggi dibanding jenis kertas lainnya.

Selain menerima kertas bekas, Donasi Revisi juga membuka penjualan buku preloved yang hasil penjualannya akan disatukan dengan hasil penjualan kertas bekas yang terkumpul.

Hasil yang terkumpul nantinya akan disalurkan melalui Palang Merah Indonesia (PMI) untuk selanjutnya dapat dimanfaatkan untuk kepentingan para korban di Sulawesi Tengah.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X