Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kelompok Pemuda Bantu Korban Gempa dengan Kumpulkan Kertas Revisian Skripsi

Kompas.com - 05/10/2018, 11:05 WIB
Luthfia Ayu Azanella,
Bayu Galih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sekelompok pemuda alumni Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) melakukan penggalangan dana untuk korban bencana di Palu dan Donggala dengan mengumpulkan kertas bekas.

Program ini bernama "Donasi Revisi" yang menerima berbagai macam sumbangan kertas bekas, seperti kertas HVS, kertas buram, atau kertas koran.

Berdasarkan keterangan yang diberikan oleh salah satu anggota Donasi Revisi, Baiq Rita Astari, ide ini awalnya muncul saat melihat banyak kertas revisi skripsi tertumpuk di kost miliknya dan teman-temannya.

Proses penyusunan tugas akhir dalam perkuliahan memang terkenal menghasilkan banyak kertas bekas karena proses revisi atau perbaikan karya.

"Dari situ mulai kepikiran buat manfaatin kertas itu bagaimana caranya. Muncullah ide buat ngumpulin kertas dari teman-teman kampus UMY dan kampus di Yogya lainnya," kata Baiq melalui pesan WhatsApp, Kamis (4/10/2018).

Baca juga: Bantu Donggala dan Palu dengan Donasi Rendang dan Selat Solo

Kertas yang terkumpul nantinya akan dijual ke pengepul dengan harga yang berbeda-beda.

"Untuk harga relatif ya, tergantung pengepulnya. Biasanya mulai dari Rp 1.500- Rp 3.000 per kilogram," ujar Baiq.

Dari semua jenis kertas yang ditampung, kertas HVS memiliki harga jual tertinggi dibanding jenis kertas lainnya.

Selain menerima kertas bekas, Donasi Revisi juga membuka penjualan buku preloved yang hasil penjualannya akan disatukan dengan hasil penjualan kertas bekas yang terkumpul.

Hasil yang terkumpul nantinya akan disalurkan melalui Palang Merah Indonesia (PMI) untuk selanjutnya dapat dimanfaatkan untuk kepentingan para korban di Sulawesi Tengah.

Untuk pengumpulan kertas bekas kali ini dilakukan di empat kota, yakni Lombok, Solo, Yogyakarta, dan Samarinda.

"Karena keterbatasan SDM, sementara belum (bisa menerima donasi kertas bekas dari kota lain). Semoga ke depannya bisa mengajak temen-temen di luar kota-kota itu," ujarnya.

Penyerahan donasi kertas bekas di Lombok.Instagram/ @donasirevisi Penyerahan donasi kertas bekas di Lombok.

Sebelum menggalang dana untuk Palu dan Donggala, Donasi Kertas juga melakukan penggalangan dana yang sama untuk korban gempa di Lombok.

Saat itu terkumpul sejumlah dana hasil penggalangan kertas bekas di tiga kota, Yogyakarta, Solo, dan Samarinda, yang kemudian disalurkan melalui Ikatan Pelajar Mahasiswa Lombok Utara (IPMLU) Yogyakarta.

Donasi Kertas tidak memiliki target tertentu, semakin banyak sumbangan kertas yang terkumpul maka semakin baik.

"Untuk target sih enggak ada, cuma biasanya kita jualnya kalau sudah terkumpul sampai 100 kilogram, karena biar hasil penjualannya bisa terkumpul jauh lebih banyak," ujar Baiq.

.

.

.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com