Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemda Garut Segera Kirim Tim Jemput Warga Garut dari Palu

Kompas.com - 03/10/2018, 22:17 WIB
Ari Maulana Karang,
Reni Susanti

Tim Redaksi

GARUT, KOMPA.com - Pemerintah Daerah Kabupaten Garut, segera memberangkatkan tim ke Palu, Sulawesi Tengah, untuk menjemput warga Garut yang tengah merantau di Palu.

"Paling lambat Jumat ini kita berangkatkan tim yang terdiri dari aparat Pemda, Polres Garut dan Kodim. Semuanya lima orang," jelas Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut Nurdin Yana, Rabu (3/10/2018) sore.

Menurut Nurdin, tim ini nantinya akan bekerja di Palu. Mereka mendata warga Garut di sana dan memfasilitasi pemulangan mereka ke Garut.  

"Kita tengah menghimpun data warga Garut yang masih tertahan di Palu, tadi pak Asda sudah meminta para camat menampung laporan dari warga yang keluarganya masih di Palu," jelasnya.

Baca juga: Data Terbaru Gempa Tsunami Sulteng: 1.407 Korban Meninggal hingga Ribuan Korban Tertimbun Belum Terdeteksi

Selain informasi dari camat, pihaknya juga memanfaatkan berbagai jaringan untuk mencari keberadaan warga Garut di Palu, termasuk jaringan kepala dinas Kominfo se-Indonesia.

Data terakhir yang masuk padanya, lebih dari 100 warga Garut berada di Palu. Dari jumlah itu, 11 di antaranya diberangkatkan ke Jakarta malam ini, setelah sebelumnya terbang dari Palu ke Makassar. 

"Malam ini kita kirim tim untuk menjemput 11 orang warga Garut di Halim, mereka baru berangkat dari Makassar," katanya.

Nurdin Yana menyampaikan, pembentukan tim ini instruksi dari Bupati Garut Rudy Gunawan. Rudy meminta pemerintah daerah memfasilitasi pemulangan warga Garut dari Palu.

"Pak bupati telah menginstruksikan agar bagaimana caranya warga Garut di Palu yang ingin pulang bisa difasilitasi," tegasnya.

Malam ini, 22 warga Garut yang merantau ke Palu akan tiba di Garut. Penjemputan rombongan pertama yang didominasi wanita dan anak-anak ini difasilitasi Polres Garut dan Kodim 0611 Garut. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com