Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemprov Jatim Sumbang Rp 5 Miliar untuk Korban Gempa di Sulteng

Kompas.com - 02/10/2018, 20:22 WIB
Moh. Syafií,
Farid Assifa

Tim Redaksi

JOMBANG, KOMPAS.com - Pemerintah Propinsi Jawa Timur mendonasikan dana sebesar Rp. 5 Milyar untuk penanganan bencana di Palu dan Donggala Sulawesi Tengah. Hal itu diungkapkan Gubernur Jawa Timur Soekarwo di Jombang, Selasa (02/10/2018).

Selain donasi dalam bentuk bantuan dana, Pemprov Jatim juga mengirimkan tenaga medis dan tenaga relawan guna membantu proses evakuasi korban dan penanganan pasca-bencana.

"Kita kirimkan tim dokter, terutama untuk bedah tulang. Kemarin juga kita kirimkan uang Rp 5 miliar. Relawan yang dibutuhkan juga kita kirimkan ke sana," katanya.

Dijelaskan, donasi dari Pemprov Jatim untuk korban bencana gempa bumi dan tsunami di Palu dan Donggala dikirimkan ke rekening Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

"Bantuannya dalam bentuk uang sudah kita kirim. Soalnya kalau barang, belinya di mana. Di sana kan tidak bisa dipakai untuk membeli barang, belinya harus di Makassar. Itupun perlu angkutan khusus," beber Soekarwo.

Baca juga: Soldaritas Warga Makassar untuk Korban Gempa Sulteng, Bantuan Menumpuk di Rumah Sakit

Pria yang akrab disapa Pakdhe Karwo ini menambahkan, pihaknya belum bisa memastikan apakah ada warga dari Jawa Timur yang menjadi korban akibat gempa bumi dan tsunami di Sulteng.

"Masih didata, kita belum bisa pastikan. Sekarang kan tahapnya masih menampung (korban), memenuhi kebutuhan makan, penanganan kesehatan," kata Soekarwo ditemui di kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jombang.

Baca juga: Lamongan Kirim 34 Truk Bantuan untuk Korban Gempa di Sulteng

Selaku Gubernur Jatim, Soekarwo menghadiri acara penyampaian visi misi Bupati-Wakil Bupati Jombang periode 2018 - 2023, Mundjidah Wahab-Sumrambah, dalam rapat paripurna yang digelar DPRD Jombang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com