Kepala BIN: Keadaan di Palu Terkendali, Semua Aman

Kompas.com - 02/10/2018, 18:25 WIB
Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Jenderal Budi Gunawan berkunjung ke Palu, Selasa (2/10/2018), pasca-gempa dan tsunami yang melanda Sulawesi Tengah pada Jumat (28/9/2018). KOMPAS.com/MANSUR TOBONEKepala Badan Intelijen Negara (BIN) Jenderal Budi Gunawan berkunjung ke Palu, Selasa (2/10/2018), pasca-gempa dan tsunami yang melanda Sulawesi Tengah pada Jumat (28/9/2018).

PALU, KOMPAS.com - Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Jenderal Budi Gunawan berkunjung ke Palu, Selasa (2/10/2018), pasca-gempa dan tsunami yang melanda Sulawesi Tengah pada Jumat (28/9/2018).

Dalam kunjungannya, Budi menegaskan bahwa keamanan di Palu terjamin dan bantuan terdistribusi dengan baik meski sempat diwarnai kabar adanya kejadian rebutan makanan dan BBM serta penjarahan barang-barang yang dilakukan oleh sejumlah orang.

"Dua hari pertama, kami monitor seperti itu, tetapi syukur Alhamdulillah (keadaan) sudah bisa dikendalikan oleh pemerintah dan aparat, jadi semua aman. Kami mohon kepada seluruh masyarakat mendukung agar suasana kondusif," ungkap dia, Selasa.

Baca juga: Polisi Tangkap 45 Penjarah di Palu yang Resahkan Korban Gempa

BIN, lanjut Budi, berharap seluruh bantuan, baik dari pemerintah pusat, daerah maupun pihak lain, bisa disalurkan dengan baik dan tepat sasaran.

Selain itu, Budi berharap seluruh masyarakat bisa menahan diri dan tidak langsung percaya dengan informasi yang belum dipastikan kebenarannya.

Baca juga: Di Balik Berebut BBM dan Makanan di Kota Palu Pascagempa

Budi tiba di Bandar Udara Mutiara Palu sekitar pukul 09.30 Wita dan langsung menuju pusat posko bantuan gempa dan tsunami yang berada di Markas Korem 132 Tadulako.

Selain itu, lanjut dia, evakuasi juga perbaikan infrastruktur transportasi, komunikasi, serta listrik dan air harus segera dilakukan.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X