Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BERITA POPULER: Kisah Korban Selamat dari Ambruknya Hotel Roa

Kompas.com - 02/10/2018, 06:07 WIB
Ana Shofiana Syatiri

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com"Waktu saya keluar dari gedung, masih banyak yang teriak-teriak minta tolong dari dalam gedung. Cuma lama sekali bantuannya datang," cerita Arif, salah satu tamu yang selamat dari ambruknya Hotel Roa Roa pascagempa di Palu, Jumat 28 September 2018.

Kisah Arif itu menjadi salah satu artikel Kompas.com pada Selasa (2/10/2018) ini. Selain itu, ada juga berita tentang Prabowo saat silaturahmi ke kediaman tokoh ulama kharismatik, Kiai Maimoen Zubair, Sabtu lalu. Apa yang dibicarakan Prabowo? 

Berikut lima artikel populer Kompas.com yang layak Anda ketahui pagi ini:

 

1. Kesaksian korban selamat dari runtuhnya Hotel Roa Roa

Arif tak menyangka, sore itu, Jumat (28/9/2018), Hotel Roa Roa tempatnya menginap di kawasan Maesa, Kelurahan Lolu Timur, Palu, akan luluh lantak rata dengan tanah setelah rangkaian gempa hingga bermagnitudo 7,4 mengguncang wilayah Palu, Sulawesi Tengah, dan sekitarnya.

Arif yang datang ke Palu untuk mengikuti lomba renang bersama anaknya itu menuturkan, saat itu, sekitar pukul 17.30 Wita, dia kembali dari technical meeting lomba ke hotel.

Cerita Arif selengkapnya bisa dilihat di tautan ini.

 

2. Prabowo: Mungkin ini yang terakhir untuk Indonesia

Calon Presiden RI, Prabowo Subianto sowan ke kediaman tokoh ulama kharismatik, Kiai Maimoen Zubair di kompleks Pondok Pesantren Al Anwar, Desa Karangmangu, Kecamatan Sarang, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, Sabtu (29/9/2018).‎KOMPAS.com/PUTHUT DWI PUTRANTO Calon Presiden RI, Prabowo Subianto sowan ke kediaman tokoh ulama kharismatik, Kiai Maimoen Zubair di kompleks Pondok Pesantren Al Anwar, Desa Karangmangu, Kecamatan Sarang, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, Sabtu (29/9/2018).‎
Calon presiden RI Prabowo Subianto mengatakan bahwa niatnya mencalonkan diri sebagai presiden merupakan panggilan pengabdian kepada negara, bangsa, dan masyarakat.

Sebelum mendaftarkan diri sebagai bakal capres ke KPU, dia mengaku diingatkan saat mendengarkan ceramah Jumat yang mengulas tentang tugas seorang pemimpin.

Di antaranya, harus bersedia mengemban penderitaan rakyat sehingga harus menghilangkan kemiskinan, dan seorang pemimpin harus menegakkan keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia.

Hal ini dikatakan Prabowo saat menemui tokoh ulama kharismatik, Kiai Maimoen Zubair, di kediamannya. Selengkapnya bisa dibaca di sini.

 

3. Fakta penemuan bayi di parit

Foto yang memperlihatkan Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita tengah menggendong seorang balita korban gempa dan tsunami di Palu Sulawesi Tengah viral di jejaring Twitter, Sabtu (29/9/2018).
Foto yang memperlihatkan Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita tengah menggendong seorang balita korban gempa dan tsunami di Palu Sulawesi Tengah viral di jejaring Twitter, Sabtu (29/9/2018).
Seorang balita laki-laki yang ditemukan di parit pasca-gempa magnitudo 7,4 akhirnya bisa berkumpul kembali bersama orangtuanya. Kabar gembira tersebut datang dari akun Instagram milik Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita pada Minggu (30/9/2018).

Seperti diketahui, Mensos sempat menggendong bayi tersebut saat memberi penjelasan tentang kondisi gempa di Donggala dan tsunami di Palu. 

Fakta yang terungkap dari peristiwa tersebut bisa dilihat selengkapnya di tautan ini.

 

4. Ditemukannya seorang wanita di reruntuhan Hotel Roa Roa

Petugas Basarnas melakukan pencarian korban gempa dan tsunami di Hotel Roa Roa, Palu, Sulawesi Tengah, Minggu (30/9).   Berdasarkan data BNPB jumlah korban akibat gempa dan tsunami per (30/9) pukul 13.00, sebanyak 832 orang meninggal dunia, 540 luka berat dan 16.732 pengungsi yang tersebar di 24 titik.ANTARA FOTO/MUHAMMAD ADIMAJA Petugas Basarnas melakukan pencarian korban gempa dan tsunami di Hotel Roa Roa, Palu, Sulawesi Tengah, Minggu (30/9). Berdasarkan data BNPB jumlah korban akibat gempa dan tsunami per (30/9) pukul 13.00, sebanyak 832 orang meninggal dunia, 540 luka berat dan 16.732 pengungsi yang tersebar di 24 titik.
Seorang wanita ditemukan masih hidup di bawah reruntuhan Hotel Roa Roa, Kota Palu. Wanita bernama Fitri asal Lampung itu bertahan sejak Jumat (28/9/2018) petang atau setelah gempa bermagnitudo 7,4 mengguncang Palu dan Donggala.

"Satu korban selamat kembali ditemukan tim Basarnas. Adapun data korban atas nama Fitri (25) asal Lampung," ujar Fatmawati dari bagian humas Kantor SAR Palu melalui pesan singkar Minggu (30/9/2018) malam. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com